suplemenGKI.com

Rabu, 27 Mei 2020

26/05/2020

SEMUA KARENA TUHAN

 

1 Raja-raja 8:54-65

 

Pengantar
Alangkah bahagianya hidup kita jika apa yang kita rencanakan selalu berhasil dan tantangan yang kita hadapi selalu mampu kita hadapi dengan baik, bahkan tanpa mengeluarkan tenaga yang besar untuk mencari solusinya. Namun, di balik semua kebahagiaan itu pasti ada proses yang harus dijalani. Kisah pentahbisan Bait Suci akan mengantar kita untuk dapat merenungkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan ini karena penyertaan Tuhan.

Pemahaman

  • Ayat 54-61   : Bagaimana Salomo mengucapkan syukur atas selesainya pembangunan Bait Suci?
  • Ayat 62-65   : Apa yang dilakukan Salomo untuk Tuhan?

Pembangunan Bait Suci berlangsung selama tujuh tahun pada masa pemerintahan Salomo (1Raj.6:38) dan total dua puluh tahun untuk mendirikan juga istana raja (1Raj.9:10). Jika melihat dari perencanaan pembangunan, tentu waktu yang dikerahkan untuk pembangunan itu jauh lebih lama bahkan sejak masa Daud menjadi raja (2Sam.7:13). Dalam pembangunan Bait Suci ini, Tuhan memiliki peran yang aktif sehingga Bait Suci menjadi tempat kediaman-Nya. Maka dari itu, selesainya Bait Suci ditandai dengan pentahbisan lewat berkat dan pujian yang disampaikan oleh Salomo sebagai raja. Kehadiran Bait Suci telah menjadi tanda bahwa Tuhan berdiam bersama dengan mereka.

Salomo menumpangkan tangannya untuk memberi berkat kepada seluruh rakyat Israel yang telah berjerih lelah membangun Bait Suci. Berkat itu menyatakan kebesaran Tuhan bahwa janji-Nya selalu dipenuhi oleh-Nya. Janji tentang Bait Suci yang sudah disampaikan sejak dahulu kala dan saat itu terjadi pada masa pemerintahan Salomo. Berkat yang diucapkan Salomo memiliki relasi timbal-balik antara Tuhan dengan manusia. Tuhan yang memberi dan menepati janji serta memelihara kehidupan manusia, sedangkan manusia harus dapat terus mengarahkan hatinya kepada Tuhan. Itulah yang hendak ditunjukkan oleh Salomo melalui berkat yang diucapkannya. Ada kerinduan untuk selalu mencondongkan hati kepada Tuhan. Apapun yang sudah diterima oleh manusia dalam kehidupannya, baik susah maupun sukacita, semua tidak lepas dari penyertaan Tuhan. Salomo juga memerintahkan kepada bangsa Israel untuk selalu berpaut pada Tuhan dengan sepenuh hati dan hidup menurut ketetapan yang telah diberikan-Nya.

Salomo memberikan yang terbaik dalam jumlah ternak yang besar untuk menjadi korban persembahan bagi Tuhan. Inilah wujud dari syukur yang dirasakan oleh Salomo dan seluruh bangsa Israel. Pentahbisan ini menjadi sebuah ungkapan syukur yang besar. Mereka menyelenggarakan perayaan besar untuk mensyukuri apa yang sudah diberikan Tuhan di dalam kehidupan mereka.

Refleksi
Mari kita renungkan: Apakah kita selalu mengarahkan hati kita kepada Tuhan? Apakah kita sudah bersyukur atas penyertaan-Nya di dalam kehidupan kita? Ada banyak hal di dalam kehidupan kita yang seharusnya mampu membuat kita bersyukur penuh kepada Tuhan. Namun sayangnya, begitu banyak masalah yang melanda kehidupan kita setiap hari hingga membuat kita tidak lagi ingat akan kebaikan dan kemurahan Tuhan. Tuhan selalu memberi dan menepati janji-Nya, seperti Ia menepati janji pada Salomo. Salomo juga mampu merespons setiap berkat yang sudah Tuhan berikan, termasuk selesainya pembangunan Bait Allah, dengan menaikkan berkat dan pujian kepada-Nya. Di dalam berkat-Nya, terdapat ajakan untuk terus mengarahkan hati kepada-Nya. 

Tekadku
Tuhan, aku percaya dan mengarahkan hatiku kepada-Mu sebab semua yang terjadi di dalam hidupku karena pertolongan dan penyertaan-Mu. 

Tindakanku
Aku tidak lagi membanggakan diriku sendiri yang mampu melakukan banyak hal, tetapi aku mau mengutamakan Tuhan di hidupku. Karena tanpa Kristus hidupku sia-sia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»