suplemenGKI.com

Rabu , 27 Maret 2013

26/03/2013

1 Korintus 15 : 19-26

 

Siapakah orang paling malang didunia ?

 

Pengantar
Dalam keseharian sudah sering kita baca, lihat banyak orang mengalami kemalangan-kemalangan yang paling menyedihkan dan tak pernah terbayangkan sebelumnya . Pernahkah kita membayangkan jika kita menjadi salah satu dari orang yang paling malang didunia ini ?

Pemahaman
Ayat 19 : Mengapa Rasul Paulus mengatakan kita orang paling malang didunia, jika kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus ? , Apa dasarnya ? Apakah kerugian-nya ?

Ayat 20 : Apa penegasan Rasul Paulus  untuk menjawab berita yang menyesatkan tersebut ?

Ayat 26 : Siapa musuh paling akhir yang dibinasakan ?

Paulus mengatakan hal ini untuk menjawab keraguan yang didengarnya dari beberapa jemaat Korintus yang mengatakan bahwa tidak ada kebangkitan orang mati, ( lihat ayat 12 ). Untuk menjawab penyesatan itu, Paulus menjawab dengan tajam bahwa jika ini benar, kita adalah orang paling malang dari segala manusia. Hanya seonggok daging hidup yang tidak tahu kemana tujuan akhirnya, hanya melaju menuju ke kematian abadi. Iman kita sia-sia, pekabaran injil sia-sia , semua hidup kita akan percuma, kegiatan , tujuan, harapan, aspirasi dan impian kita tak bermakna.

Lebih buruk dari itu, sementara semua manusia akan dalam kondisi sangat menyedihkan, kita yang percaya pada Kristus akan lebih buruk lagi. Hidup ini adalah hanya untuk  “makan, minum dan bersenang-senang karena esok akan mati”. Tetapi kita yang percaya pada Kristus bahkan tidak bisa menikmati hidup ini karena kita terikat pada serumpun peraturan yang melarang kesenangan asusila. Betapa menyedihkannya, seperti Paulus katakan, kita adalah orang paling malang dari segala manusia. Kita akan menyia-nyiakan hidup ini untuk mencapai kehidupan kekal yang tidak ada, JIKALAU DI SINI TIDAK ADA KEBANGKITAN ! Bila Kristus tidak bangkit, maka seluruh orang yang percaya pada Kristus akan hilang! Kita hanya bisa dan akan tetap hidup dikuasai dosa selamanya , adalah hal yang paling menyeramkan, dengan upah dosa yang pasti MAUT !

Untunglah hal tersebut tidak benar ! , yang benar adalah ( ayat 20 ) , bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.

Dan ini telah disaksikan oleh banyak orang  ( lihat ayat 5 -8 ) ini adalah suatu pembenaran dan penguatan bagi kita , bahwa Yesus telah bangkit dari orang mati . Selanjutnya semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus menurut urutannya, Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya. Kemudian tiba kesudahannya, saat Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.( ayat 26 ) Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut,  ini adalah kemenangan paling agung.

Bersyukurlah kita bukan orang paling malang didunia

Refleksi
Renungkan jika seandainya kita menjadi orang paling malang didunia, tindakan apakah yang mampu mengentas kita ?, siapakah yang mampu mengentas kita ? mari bersyukur karena karya penebusan telah tuntas mulai , penyaliban , kematian, kebangkitan dan naiknya Tuhan Yesus ke surga.

Tekadku
Aku akan lakukan saat teduh setiap pagi hari dengan kerendahan hati sebelum aku lakukan kegiatan lain.

Tindakanku
TUHAN, untuk rasa syukurku, aku akan berusaha hidup sesuai dengan kehendakMU dengan menuruti FirmanMu dari hari ke hari , minimal melakuan satu hal kebenaran Firmanmu yang aku dapat pada saat teduh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*