suplemenGKI.com

Rabu, 27 Juni 2018

26/06/2018

EKSPRESI SYUKUR

Mazmur 30:1-6

 

Pengantar
Sudahkah anda bersyukur hari ini? Apakah yang anda syukuri? Bagaimana cara anda mengungkapkan rasa syukur itu? Pertanyaan-pertanyaan ini hanya diri kita sendiri yang bisa menjawab, karena diri kita sendirilah yang merasakannya. Ucapan syukur sungguh-sungguh muncul di hati orang percaya secara tulus bukan hanya pada saat kita merasakan pertolongan Tuhan yang tepat pada waktunya. Tetapi lebih lagi pada saat, kita merasa tidak butuh pertolongan Tuhan, dan ternyata keadaan berbalik menjadi kacau, dan Tuhan sudah siap dan masih mau menolong kita. Hal ini jugalah yang dialami oleh pemazmur pada waktu itu.

Pemahaman

  • Ayat 1-4 : Apa yang dialami oleh Daud yang membuatnya sangat bersyukur kepada Tuhan?
  • Ayat 5-6 : Bagaimana cara Daud mengekspresikan rasa syukurnya kepada Tuhan?

Dalam mazmur ini digambarkan bahwa Daud telah mengalami penderitaan yang berat baik secara pribadi maupun rakyatnya. Daud sangat bersyukur karena meski hidupnya susah, Tuhan tetap setia kepadanya. Kesetiaan Tuhan dirasakan oleh Daud di tengah kesusahannya karena musuh-musuhnya, dalam kesesakannya, dalam dukacitanya. Daud juga bersyukur karena meski Tuhan murka, tetapi seumur hidup Tuhan murah hati (Ay. 6). Daud pernah merasakan dimurkai oleh Tuhan karena dosanya, tetapi itu tidak sebanding dengan kemurahan hatiĀ  yang telah Tuhan nyatakan dalam hidupnya. Daud bersyukur juga karena meski dia pernah sombong tetapi Tuhan tetap mau menolong (Ay. 7-11). Dalam kesusahan, dalam keberdosaan, dan dalam kejatuhan, Daud menemukan alasan untuk bersyukur kepada Tuhan setiap saat dalam hidupnya.

Dia mengekspresikan rasa syukurnya dengan memuji dan bermazmur bagi Tuhan (Ay. 1). Bukan hanya dirinya yang memuji Tuhan tetapi dia juga mengajak orang lain untuk memuji-Nya dan mendorong mereka supaya percaya kepada Tuhan. Daud mengajak orang lain untuk mempersembahkan syukur kepada nama Tuhan yang kudus. Daud ingin agar orang lain juga merasakan bahwa Tuhan sangat mengasihi umatnya, Tuhan selalu setia kepada orang yang percaya kepada-Nya

Refleksi
Renungkanlah: Hari ini, masih bisakah kita menemukan alasan untuk bersyukur kepada Tuhan, meskipun sekarang kita berada dalam kesulitan, kesesakan dan pergumulan? Bagaimana cara saudara mengekspresikan rasa syukur saudara kepada Tuhan? Sharingkanlah!

Tekadku
Ya Tuhan tolong saya agar di dalam kesesakan pun saya tetap bersyukur kepadamu. Saya percaya Engkau selau setia kepada kami, dan Engkau akan memberikan jalan keluar dan pertolongan bagi pergumulan saya tepat pada waktunya.

Tindakanku
Saya akan menyanyikan Kidung Jemaat 439 sebagai ungkapan syukur saya kepada Tuhan. Saya juga akan mengajak keluarga, teman, saudara saya untuk menyanyikan lagu ini. Setelah itu saya akan menceritakan apa yang bisa saya syukuri kepada keluarga saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«