suplemenGKI.com

Rabu, 27 Juli 2016

26/07/2016

Mengapa Aku Harus Bersyukur?

Mazmur 107:1-9

 

Pengantar
Satu pertanyaan sederhana yang seringkali muncul dalam pemberitaan Firman Tuhan di kelas Sekolah Minggu adalah: “Mengapa kita harus bersyukur pada Tuhan?”. Salah satu jawaban yang dilontarkan oleh anak-anak adalah karena Tuhan sudah memberkati dan memelihara hidup kita. Jika pertanyaan sederhana tersebut dapat dijawab oleh anak sekolah Minggu, bagaimana dengan kita? Marilah kita merenungkan melalui bacaan hari ini.

Pemahaman

  • Ayat 2, 4    : Siapakah yang diajak oleh Pemazmur untuk bersyukur kepada Tuhan?
  • Ayat 1-9     : Mengapa Pemazmur mengajak bersyukur kepada Tuhan?

Mazmur 107 sesungguhnya ditulis oleh Pemazmur yang mengajak untuk bersyukur kepada Tuhan. Ajakan Pemazmur untuk bersyukur kepada Tuhan ditujukan kepada orang-orang yang telah ditebus Tuhan dari kuasa yang menyesakkan ( v.2 ). Pemazmur mengajak kita bersyukur kepada Tuhan karena kasih Tuhan yang menyelamatkan ( v. 1-3 ) dan segala yang diperbuatNya dalam hidup kita ( v. 4-9 ). Di dalam ayat 1 Pemazmur mengajak kita untuk bersyukur kepada Tuhan karena kebaikan-Nya. Ayat 2 mengungkapkan kebaikan Tuhan yang dinyatakan ketika Ia menebus dan menyelamatkan orang-orang dari kuasa yang menyesakkan. Kata “kuasa yang menyesakkan” menyiratkan masa di mana umat Tuhan sedang menjadi tawanan di Babel. Saat itu mereka mengalami tekanan secara fisik dan mental. Sedangkan orang-orang yang telah ditebus adalah orang yang telah menikmati dan mengalami pemeliharaan Allah dalam hidupnya.

Kasih dan perbuatan yang dilakukan juga ditujukan pada orang yang mengembara, lemah lesu, tersesat dan dalam bahaya ( v. 4-9 ). Dalam bagian ini pula Pemazmur ingin menyatakan bahwa dalam berbagai kondisi yang terjadi, kita diajak untuk tetap bersyukur pada Tuhan. Perbuatan dan tindakan yang dilakukan oleh Tuhan sungguh telah melepaskan umat-Nya dari segala mara bahaya yang mengancam jiwa. Ketika kita berseru kepada-Nya, Ia tidak tinggal diam. Dia mendengar dan memberikan kesejukan serta kesegaran bagi jiwa yang penat. Oleh sebab itu Mazmur 107:1-9 mengingatkan kepada kita agar tetap bersyukur sekalipun dalam kondisi yang tak ideal sebab tangan Tuhan terus berkarya dan bertindak bagi umat-Nya. Bila kita tidak bersyukur berarti tidak menghargai tindakan dan karya Tuhan dalam hidup.

Refleksi
Ambillah secarik kertas, renungkan dan tulislah: seberapa seringkah Saudara mengeluh atas ketidakberdayaan dalam berbagai persoalan hidup? Apakah Saudara menyadari bahwa Tuhan tak pernah mengeluh saat Saudara mencurahkan setiap persoalan kepada-Nya? Apakah Saudara dapat mensyukuri karya Tuhan yang bertindak dan berdaulat penuh atas hidup kita?

Tekad
Tuhan, ampuni jika aku sering mengeluh dan bosan atas persoalan hidupku. Mampukan aku untuk selalu bersyukur untuk kebaikan karya-Mu di berbagai musim hidupku..

Tindakan
Aku mau menyatakan syukurku kepada Tuhan dengan menceritakan kepada orang lain tentang kuasa dan kebaikan karya Tuhan di sepanjang hidupku. Aku mau menguatkan orang lain yang sedang terhimpit oleh persoalan agar mereka juga mampu bersyukur atas kasih dan karya Tuhan dalam hidupnya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«