suplemenGKI.com

Rabu, 27 April 2016

26/04/2016

Bacaan : Mazmur 67.

Thema : Di Berkati untuk menjadi Berkat.

 

PENGANTAR.
Mazmur ini merupakan ungkapan rasa syukur umat kepada Tuhan sesudah masa panen. Akan tetapi bukan karena hasil panen yang menjadi alasan umat memuji Tuhan, melainkan kehadiran-Nya di tengah umat dan kerelaan-Nya memberkati. Allah telah memberkati seluruh kehidupan umat di seluruh dunia ini. Ia menunjukkan kuasa dan pemeliharaan-Nya atas seisi dunia. Dia juga yang memerintah dengan keadilan dan menuntun kehidupan umat. Atas berkat Allah dan perhatian-Nya yang sedemikian luar biasa membuat umat bersyukur dan memuliakan Tuhan. Namun bagaimanakah seharusnya umat yang diberkati menjalani kehidupannya ? jawabannya ada dalam renungan hari ini.

PEMAHAMAN.

  • Apa makna dari kata-kata Allah mengasihani, memberkati, menyinari kita dengan wajahNya ? ( ayat 2, 7-8 ). Apa yang harus dilakukan umat yang di berkati ?
  • Bagaimana bangsa-bangsa bisa bersyukur kepada Tuhan dan turut memuliakan Tuhan ? ( ayat 3-6 ).

Bagi semua jemaat GKI pasti hafal benar “Doa Bapa Kami”. Setiap minggu kita mengucapkannya atau menyanyikannya. Nah kalimat yang menarik untuk disimak dalam Doa Bapa Kami adalah “Datanglah kerajaan-Mu” dan “Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya”. Ketika kita berdoa  dengan doa “Bapa Kami” maka kita memohon apa yang dimaksudkan oleh mazmur ini. Yaitu supaya Tuhan memberi keadilan di bumi ini kepada semua orang yang mengalami kekurangan, tertekan, dikesampingkan dan menderita. Dan kiranya orang yang berkuasa, kaya, berpengaruh, berpendidikan disuruhnya melayani sesama mereka agar semua orang hidup sejahtera.

Kata-kata yang tertulis di mazmur ini seperti, “Allah mengasihani”, “Allah memberkati”, “Allah menyinari”, hendak menyatakan kehadiran Allah ditengah-tengah umat-Nya untuk memberkati umat-Nya. Dan berkat itu telah diberikan melalui hasil panen yang melimpah ruah. Namun berkat Allah itu diberikan dengan tujuan agar umat-Nya menjadi berkat bagi orang lain (bangsa lain ). Sehingga orang lain juga merasakan dan mengalami berkat Allah.  Oleh sebab itu bangsa-bangsa juga diajak bersyukur kepada Tuhan dan mengakui karya keselamatan yang telah dilakukan Tuhan bagi mereka. Tuhan yang  menyatakan Diri-Nya sebagai Raja yang Adil yang memelihara kesejahteraan umat-Nya harus dirasakan pula oleh bangsa-bangsa lain ( orang lain ) sehingga semua bangsa di bumi mengenal Tuhan, takut akan Dia dan mengakui bahwa Dia adalah Tuhan.

REFLEKSI.
Marilah kita mengambil saat teduh dengan merenungkan, : Apakah saudara percaya bahwa Tuhan hadir ditengah-tengah kehidupan saudara ? memberkati saudara ? sebagai umat ( pribadi ) yang diberkati Tuhan, apa yang bisa saudara lakukan bagi orang lain ?

TEKATKU.
Ya Tuhan, tolonglah saya agar dapat berbagi berkat Tuhan dengan orang lain.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya akan berbagi berkat Tuhan dengan orang lain baik berkat rohani maupun materi.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«