suplemenGKI.com

Rabu, 26 Mei 2021

25/05/2021

Yehezkiel 37:1-14

ALLAH MENGANGKAT DAN MEMULIHKAN

 

PENGANTAR
Pernahkah kita membayangkan situasi dan kondisi yang dialami oleh bangsa Israel saat berada di Babel ? Mereka hidup dalam penindasan. Mereka diperbudak, mereka tidak memiliki kebebasan sebagai suatu bangsa. Kondisi dan situasi itu jauh berbeda dibandingkan saat berada di negeri mereka sendiri. Mereka memiliki kebebasan beribadah, bekerja dan lain sebagainya. Berbagai tekanan yang dialami tentu menimbulkan keputusasaan. Meski harus diakui bahwa situasi dan kondisi yang dialami bangsa Israel di Mesir jauh lebih berat ketimbang di Babel. Namun pada akhirnya yang harus dilihat adalah bahwa berada di dalam penjajahan bangsa asing membawa bangsa manapun terpuruk dan tidak memiliki masa depan.

PEMAHAMAN

Ayat 1-4               Apakah yang dialami oleh Yehezkiel ? Perintah apa yang disampaikan Allah kepada Yehezkiel ?

Ayat 5-14             Nubuat apa yang Allah perintahkan untuk disampaikan Yehezkiel kepada tulang-tulang yang kering dan mati itu ? Janji apakah yang disampaikan Allah melalui nubuatan Yehezkiel kepada bangsa Israel ?

Yehezkiel mendapat penglihatan tentang apa yang akan dialami oleh bangsa Israel di pembuangan. Ia melihat dalam penglihatan itu bahwa dirinya berada ditengah-tengah lembah yang penuh dengan tulang-tulang. Tulang itu bertebaran dimana-mana dan sangat kering. Allah bertanya kepada Yehezkiel perihal tulang-tulang yang kering itu. Allah memerintahkan Yehezkiel untuk bernubuat kepada tulang-tulang kering itu.

Yehezkiel menyampaikan nubuatan tentang pemulihan yang akan dilakukan Allah. Bahwa tulang-tulang kering itu akan kembali dihidupkan. Kondisi tubuhnya akan dipulihkan. Dan mereka akan kembali bisa melangkahkan kakinya. Nubuatan Yehezkiel memberikan gambaran tentang penghukuman yang akan menimpa bangsa Israel. Mereka akan menjadi bangsa yang terpuruk dan kehilangan masa depan oleh karena penghukuman itu. Namun Allah sangat mengasihi umatNya. Akan datang masa dimana Allah berjanji akan memulihkan kondisi umat-Nya. Allah akan mengembalikan kehidupan yang terpuruk, dan menyediakan masa depan bagi umat Allah. Allah akan mengembalikan Israel ke tempat mereka berada.

Nubuatan Yehezkiel mengingatkan umat Allah, bahwa kehidupan umat Allah dimasa lampau penuh dengan dosa dan masa depannya adalah maut. Namun oleh karena Yesus Kristus, umat beroleh pemulihan. Kehidupan umat Allah saat ini tidak lagi seperti orang-orang hukuman yang diibaratkan tulang-tulang yang kering dan mati. Umat Allah telah dibebaskan dari dosa. Mereka bukan lagi orang-orang hukuman, umat Allah saat ini adalah orang-orang yang telah diselamatkan dan dibebaskan. Oleh karena itu anugerah keselamatan yang telah diterima tidak seharusnya disia-siakan. Umat diajak terus berkarya demi kemuliaan nama Allah yang telah mengangkat dari lubang kegelapan dan kebinasaan menuju kepada terang-Nya yang ajaib.
REFLEKSI
Tanpa anugerah keselamatan maka umat hanyalah sekumpulan orang hukuman yang tidak punya masa depan. Allah adalah Allah yang penuh kasih. Allah yang selalu memberi kesempatan kepada umat-Nya. Karya Kristus adalah karya Allah yang mengangkat dan memulihkan kondisi umat-Nya. Anugerah itu adalah kesempatan memperbaiki kehidupan, kesempatan memperbaiki relasi atau hubungan dengan Allah, dan kesempatan untuk melayani Allah dengan karunia yang telah diberikan. Kesempatan yang jangan terbuang disia-siakan.

TEKADKU
Ya Allah, kami bersyukur Engkau telah mengangkat dan memulihkan kondisi kami. Kami bukan lagi orang berdosa, kami adalah orang-orang yang ditebus dan diselamatkan. Ajar kami memperbaiki kehidupan kami, membangun relasi dengan Engkau, dan melayani-MU dengan ketulusan.

TINDAKANKU
Mengubah hal-hal atau kebiasaan negatif yang dimiliki dan belajar berbagi, memberikan perhatian kepada orang lain, rajin mengikuti ibadah dan persekutuan serta terlibat dalam pelayanan di sektor atau di gereja.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»