suplemenGKI.com

KOLOSE 3:1-4

PIKIRKANLAH PERKARA YANG DIATAS

 

PENGANTAR

          Dr. Victor Frankl adalah pendiri logoterapi dan Analisis Eksistensial. Ia menekankan bahwa manusia itu harus mempunyai makna hidup, tanpa makna hidup manusia sebetulnya kehilangan hidup itu sendiri. Jadi makna hidup secara pribadi adalah pengertian kenapa saya ada di sini, ke mana saya akan pergi, apa tujuannya hidup saya di dunia ini.

PEMAHAMAN
Secara umum manusia memiliki konsep bahwa kehidupan ada dua bagian penting yaitu: kehidupan jasmani dan kehidupan secara rohani. Kalau demikian manakah dari kehidupan ini yang sering paling dominan bagi manusia? Kecenderungan manusia lebih berpusat pada hal-hal yang sifatnya materi ketimbang memperhatikan kehidupan rohani.

  1.  Apakah yang menjadi tujuan utama kehidupan orang kristen?
  2. Bagaimana menjalani  kehidupan di dunia ini untuk hidup kekal?
  3.  Apa yang dimaksud Paulus “carilah perkara yang diatas”?

          Kehidupan orang percaya adalah kehidupan yang secara utuh di dalam Kristus. Proses kehidupan itu dalam bahasa Paulus yang khususnya pasal 2:6-3:4 dapat dibagi dalam tiga bagian penting.  Dalam ayat 1-15 adalah menerima Kristus, ayat 16-23 adalah berjalan didalam Kristus dan pasal 3:1-4 adalah hidup yang diakhiri di dalam Kristus yang kesempurnaannya melalui hidup kekal. Melalui tema kita saat ini, maka secara khusus kita akan merenungkannya berdasarkan pemikiran dan keyakinan Paulus bahwa sesungguhnya tujuan hidup orang percaya adalah kehidupan kekal bersama Kristus.

          Melihat dari pernyataan Paulus dalam bacaan kita, ia membagi dalam dua kategori yaitu kehidupan di dalam Kristus (perkara yang di atas) dan kehidupan bagi dunia (perkara yang dapat membinasakan). Dalam perjalanan mengikut Yesus, akan muncul banyak tantangan yang selalu berusaha mengalihkan perhatian kita dari Kristus. 

REFLEKSI
Renungkan, apakah yang menjadi tujuan hidup saudara?
Hidup yang dimiliki oleh setiap orang percaya adalah hidup bagi Kristus karena Kristus sendiri telah memilih kita dan bahkan memisahkan kita dari dunia supaya kita hidup di dalam Dia. Janganlah kita mau diperdaya oleh prinsip dan tata cara dunia ini yang kelihatannya penuh dengan kebanggaan karena semua itu adalah upaya untuk memisahkan orang percaya dari Kristus.

TEKADKU
Hidup yang kujalani adalah dari Kritus, bagi Kristus dan untuk Kristus.

 

TINDAKANKU
Aku bersyukur kepada-Mu ya Kristus karena Engkau menyatakan perkara yang besar yang kupahami dengan iman bahwa tujuan hidupku adalah bersama dengan Engkau di dalam hidup yang kekal. Aku bersyukur kepadaMu dan menyatakannya lewat tindakan yang hanya bertujuan untuk Engkau karena aku tahu hidupku hanya untukMu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*