suplemenGKI.com

Rabu, 26 April 2017

25/04/2017

Mazmur 116:1-4

TETAP TEGAR MENGHADAPI PERSOALAN

 

Pengantar
Setiap orang didunia ini tentu pernah mengalami persoalan. Sakit penyakit, masalah keluarga, masalah ekonomi, masalah perkawinan, kedukaan dan masalah-masalah lainnya. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi persoalan dalam hidupnya. Ada yang tegar, ada yang tenang-tenang saja, namun ada juga yang depresi. Melalui bacaan hari ini kita mau belajar dari pemazmur bagaimana menghadapi setiap persoalan dalam kehidupan.

Pemahaman

Ayat 1-2               Mengapa pemazmur sangat mengasihi Allah?

Ayat 3-4               Bagaimana sikap pemazmur ketika diperhadapkan pada persoalan?

Daud merefleksikan bagaimana perjalanan hidupnya dan perjalanan kehidupan umat Allah dimasala lalu dan menyatakannya melalui syair puji-pujian. Berbagai persoalan dan pergumulan dihadapi namun Daud  menyaksikan Allah yang tetap setia menyertai umat-Nya. Tidak sedikit perkara dihadapi oleh Daud dan tidak sedkit masalah yang dihadapi umat Allah. Namun setiap persoalan itu dapat dilalui dan dapat dihadapi. Itulah sebabnya diawal nyanyiannya, Daud menyatakan bahwa ia sangat mengasihi Allah yang menjadi sumber pertolongan bagi dirinya maupun bagi umat-Nya (ayat 1-2)

Saat berbagai persoalan menghimpit kehidupan Daud maupun bangsa Israel, Allah tetap menjadi sandaran bagi mereka. Daud tetap percaya bahwa Allah akan menolong dan melepaskan berbagai persoalan yang dihadapinya (ayat 3-4).

Selama manusia hidup didunia berbagai persoalan tidak akan pernah berakhir menerpa kehidupan manusia. Yang terpenting adalah bagaimanakah umat harus bersikap dalam menghadapi setiap persoalan dalam hidupnya? Belajar dari pemzamur yang memperlihatkan ketegaran dalam menghadapi setiap persoalan. Pemazmur mengajarkan pentingnya sikap percaya kepada Allah. Oleh karena itu umat dimasa sekarang perlu untuk selalu belajar menyerahkan setiap persoalan hidup kepada Allah.

Refleksi
Sudahkah aku menghadapi setiap persoalan hidupku dengan tetap percaya akan pertolongan Allah? Atau kita masih mengandalkan kekuatan dan kemampuan kita sendiri dalam menghadapi setiap persoalan dalam hidup?

Tekadku
Mampukan kami untuk tetap percaya kepada-Mu ya, Allah. Jangan biarkan kami lengah. Mampukan kami tetap bersandar kepada-Mu dalam menghadapi badai kehidupan

Tindakanku
Tekun dalam doa dan pembacaan firman Allah agar melaluinya tetap dikuatkan dalam menghadapi persoalan hidup.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«