suplemenGKI.com

MENJADI PENYAMBUNG LIDAH ALLAH

Yehezkiel 33 : 7-20

 

PENGANTAR
Yehezkiel dipilih Tuhan menjadi nabi ketika ia berumur sekitar 30 tahun, ketika itu umat Tuhan dalam masa yang sangat suram dan gelap. Nama Yehezkiel sendiri berarti “Allah yang menguatkan”. Sedangkan tugas yang harus diemban oleh Yehezkiel sebagai nabi yang dipilih Tuhan adalah menjadi penyambung lidah Allah untuk menyampaikan Firman kebenaran. Artinya Yehezkiel harus menyampaikan apa saja yang difirmankan Tuhan Allah kepada umat Allah sendiri. sehingga tugas Yehezkiel bukannya tugas yang mudah.

Renungan kali ini akan menolong kita memahami kebenaran Firman Allah.

PEMAHAMAN.

  1. Apakah penetapan Tuhan terhadap Yehezkiel ? Dan apa tugas dan tanggung jawabnya ? ( ayat 7-9 )
  2. Apa peringatan dan janji Tuhan yang harus disampaikan Yehezkiel kepada umat Tuhan dan bagaimana respon mereka  ? ( ayat 10 – 20 )

Yehezkiel adalah nabi yang memiliki iman yang teguh dalam pelayanannya. Oleh karenanya Tuhan menetapkan Yehezkiel menjadi penjaga bagi kaum Israel ( ayt 7 ). Secara sepintas seorang penjaga bagi kaum Israel tugasnya sederhana yaitu mendengar Firman Tuhan atau apa yang dikatakan Tuhan kemudian menyampaikan hal tersebut kepada umat Israel. Namun dibalik semua tugasnya sebagai penjaga ada tanggung jawab yang sangat besar. Misalnya di ayat 8-9, Tuhan berfirman kepada orang jahat, “Hai orang jahat engkau pasti mati” (8). Jika Yehezkiel tidak memperingatkan orang jahat tersebut, kemudian orang jahat tersebut mati maka Tuhan akan menuntut pertanggungjawaban dari Yehezkiel, namun jika Yehezkiel telah memperingatkan orang jahat tersebut namun orang jahat tersebut tidak bertobat maka Yehezkiel telah melakukan tanggung jawabnya (9).

Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab Yehezkiel merupakan tugas yang sangat berat karena tugas ini bukan persoalan yang menyangkut kepentingan pribadi Yehezkiel tetapi menyangkut kepentingan hidup kekal semua umat Tuhan. Dan Tuhan meletakkan tanggung jawab yang besar kepada Yehezkiel untuk mengingatkan dan menegur umat Tuhan agar umat tetap hidup dan berpengharapan kepada Tuhan. Yehezkiel menjadi penyambung lidah Tuhan dengan menegur dan memperingatkan setiap dosa-dosa umat agar mereka bertobat. Orang benar yang berbuat curang ia akan dihukum namun sebaliknya orang fasik dan orang jahat yang bertobat dan berlaku adil akan tetap hidup. Tanggung jawab Yehezkiel adalah mengingatkan umat Tuhan untuk bertobat. Begitu juga dengan kita, bagian kita adalah menyampaikan Firman Tuhan dan mengingatkan orang-orang untuk bertobat dan kembali kepada Tuhan.

REFLEKSI
Marilah mengambil saat hening sejenak dengan merenungkan : Apakah Tuhan juga mempercayakan kepada anda menjadi penyambung lidah Tuhan ? Apakah anda menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebut ?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya agar saya dapat mengerjakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab saya untuk menyampaikan Firman Tuhan dan mengingatkan mereka untuk bertobat.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus, berani menjalankan tugas dan tanggung jawab saya menegur dan membimbing mereka yang salah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*