suplemenGKI.com

Rabu, 25 Agustus 2010

24/08/2010

Mazmur 112 : 2 – 10.

Berkat dari orang yang hidup takut akan Tuhan.

Kemarin kita merenungkan bagaimana kita menjalani kehidupan ini denghan takut akan Tuhan. Hari ini kita akan merenungkan bagaimana Tuhan memberkati orang yang hidupnya takut akan Tuhan.

  1. Ayat 2 – 10, – Berkat apa saja yang diterima orang yang hidupnya takut akan Tuhan ?
  2. Mengapa Tuhan memberikan berkat yang sangat besar kepada orang yang hidup takut akan Dia ?
  3. Bagaimana sikap orang yang hidupnya takut akan Tuhan dalam menyambut berkat Tuhan ?

RENUNGAN.

Pemazmur memberitakan bahwa orang-orang yang “takut akan Tuhan” akan memetik kebahagiaan dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini diungkapkan dengan sangat terperinci pada ayat 2 sampai ayat 10. Adapun kebahagiaan yang akan diperoleh adalah :

  1. Keturunannya akan perkasa dan diberkati ( ayat 2 ).
  2. Harta dan kekayaan akan diberikan Tuhan. ( ayat 3 ).
  3. Mereka akan menerima keadilan ( ayat 4 )
  4. Mereka akan mendapat kemujuran dan keberuntungan ( ayat 5 ).
  5. Mereka mendapat kekuatan menghadapi pencobaan. ( ayat 6 ).
  6. Hatinya tetap percaya kepada Tuhan ( ayat 7 )
  7. Ia memiliki keberanian terhadap lawan-lawannya. ( ayat 8 )
  8. Ia melakukan kebajikan/kebaikan. ( ayat 9 ).
  9. Ia menang terhadap orang fasik ( 10 ).

Tentunya kita akan mengatakan, “Luar biasa” ketika kita melihat berkat-berkat yang diperoleh orang yang hidupnya “takut akan Tuhan”. Dari hal yang paling sederhana sampai hal yang luarbiasa Tuhan menyediakan yang terbaik bagi mereka yang hidup takut akan Tuhan. Dengan demikian sebenarnya  kita tidak akan rugi bila kita hidup takut akan Tuhan, karena Tuhan akan memberikan berkat yang lebih besar dari apa yang kita lakukan/kerjakan untuk Tuhan. Namun demikian dalam melakukan Firman Tuhan manusia atau kita tidak boleh sekedar taat demi untuk mendapatkan imbalan atau hadiah-hadiah dari Tuhan, sebab Tuhan selalu melihat kesungguhan hati dari umatnya.

Kesungguhan hati inilah yang menjadi kunci bagi kita dalam melakukan setiap FirmanNya. Dan kesungguhan hati ini juga yang mendasari kita untuk takut akan Tuhan. Tanpa kesungguhan hati kita hanya dapat menjalani kehidupan ini dengan setumpuk motivasi yang salah/keliru, dan bila sudah demikian akan menjado seorang yang gampang menyerah dalam kehidupan ini. Hal ini dapat terlihat dalam kehidupan banyak orang yang memiliki motivasi yang salah. Mereka melakukan berbagai kebajikan supaya Tuhan menggantikannya dengan berkat yang lain, mereka mencoba setia supaya dalam hidupnya tidak ada pencobaan datang, mereka memberikan persepuluhan supaya Tuhan memberi berkat yang banyak, mereka setia beribadah supaya usahanya sukses dan lain sebagainya. Jika kita melakukan sesuatu dengan motivasi yang keliru sebenarnya kita sedang mendukakan hati Tuhan walaupun kita mengira bahwa hal itu menyenangkan hati Tuhan.

Jika kita memiliki motivasi yang salah dalam melakukan Firman Tuhan, cepatlah sadar dan memohon ampun dari Tuhan  karena ternyata hal itu salah dihadapan Tuhan. Dan jika anda melakukan sesuatu lakukanlah dengan kesungguhan hati, sebab Tuhan mengasihi mereka yang melakukan FirmanNya dengan kesungguhan hati. Amin.

“Kesungguhan hati  dalam melakukan Firman Allah merupakan cirri bagi setiap orang yanghidup takut akan Tuhan”. Amin.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*