suplemenGKI.com

Rabu, 24 Juni 2015

23/06/2015

RELASI HIDUP YANG SALING MENCUKUPKAN

2 Korintus 8 : 7 – 15

Pengantar

Hidup bersama adalah sesuatu yang menyenangkan dan indah apabila terjadi relasi baik antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. Salah satu bentuk relasi yang baik itu adalah dalam hal saling memberi. Dan melalui bacaan kita pada hari ini, kita diajak untuk melihat hal-hal apa saja yang dapat menjadi sumber (baca: kekayaan) atau bahkan prinsip dalam hal memberi atau dalam hal pelayanan kasih sebagaimana ditulis dalam surat 2 Korintus 8 : 7 – 15.

Pemahaman

Ayat  7 – 9           :  Apa saja kekayaan yang dapat dimiiliki oleh umat TUHAN ?

Ayat  10 – 12       :  Bagaimana seharusnya sebuah pemberian atau pelayanan kasih ?

Ayat  13 – 15       :  Apa prinsip atau dasar dalam relasi hidup bersama yang dinyatakan pada bagian ini ?

Dalam bagian pembacaan hari ini, khususnya pada ayat 7 dinyatakan bahwa bermacam kekayaan yang dapat dimiliki oleh umat TUHAN adalah kekayaan dalam iman, perkataan, pengetahuan, kesungguhan membantu, dan kasih, termasuk pelayanan kasih. Dan dalam segala hal ini, dinyatakan bahwa hanya karena kasih karunia TUHAN YESUS Kristus kita dapat memperoleh segala kekayaan ini. Jadi marilah kita tidak hanya terarah pada kekayaan secara lahiriah, tapi juga kekayaan batiniah, atau berbagai karunia rohani yang TUHAN anugerahkan.

Dalam hal pelayanan kasih, maka haruslah kesungguhan membantu dan kasih itu segera dilaksanakan dan diselesaikan. Jadi tidak hanya berupa sebuah keputusan, apalagi sesuatu yang akan diberikan itu telah ada pada mereka. Dan hendaknya segala sesuatu itu diberikan berdasarkan kerelaan hati. Itulah pemberian yang berkenan dan dapat diterima, karena berdasarkan (baca: bersumber) dari apa yang kita punya disertai kerelaan hati.

Adapun prinsip atau dasar dalam relasi hidup bersama adalah keseimbangan. Tidak ada yang merasa dibebani atau sebaliknya diringankan, tetapi saling mencukupkan. Dan hal ini dikuatkan dengan pernyataan: “Orang yang mengumpulkan banyak, tidak kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak kekurangan” sebagaimana tertulis dalam Keluaran 16 : 18.

Refleksi
Bagaimanakah relasi hidup bersama kita sebagai gereja TUHAN ? Apakah telah terjadi relasi hidup yang saling mencukupkan ? Dan apakah semuanya itu dilakukan dengan kerelaan hati dan bersumber dari apa yang ada pada diri kita ?

Tekad
Ya TUHAN, jadikan hidup saya bagian dari sebuah relasi bersama yang dapat saling mencukupkan, agar makin nyata anugerah kasih karunia yang TUHAN YESUS berikan.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan berusaha memberi perhatian pada hal yang dapat saya berikan untuk dapat mencukupkan kebutuhan seseorang yang ada dalam sebuah relasi hidup bersama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«