suplemenGKI.com

Rabu 23 Januari 2013

22/01/2013

KEHENDAK HATI : SATU GEREJA BANYAK KARUNIA

1 Korintus 12 : 12 – 31

Pengantar
Penjelasan yang paling dapat kita mengerti dan bahkan kita rasakan adalah jika uraian contohnya itu berkaitan dengan keberadaan hidup dan dunia keseharian kita. Salah satunya adalah dengan memakai contoh tubuh manusia, baik itu bentuk, ukuran, susunan maupun fungsinya. Uraian contoh melalui penggambaran tubuh manusia akan lebih mudah untuk dimengerti oleh kita sebagai manusia. Jadi sungguh tepat jika Rasul Paulus memakai pengandaian tubuh manusia untuk menjelaskan tentang keberadaan orang yang percaya kepada Kristus, baik secara pribadi, bersama, maupun dalam hubungan kesatuan dengan Kristus.

Pemahaman
Ayat 12 – 13         :  Apakah yang dimaksudkan dengan ungkapan satu tubuh dan satu roh ?

Ayat 14 – 19         :  Apakah yang ingin dijelaskan melalui penggambaran satu tubuh banyak anggota ?

Ayat 20 – 26        :  Bagaimana hubungan antara satu anggota dengan anggota tubuh yang lain ?

Ayat 27                 :  Apa artinya pernyataan “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya” ?

Ayat 28 – 31        :  Apa saja karunia dari tiap-tiap anggota? Dan apa arti dari perbedaan karunia tiap-tiap anggota ?

Maksud dari ungkapan satu tubuh dan satu roh adalah untuk menjelaskan tentang kesatuan anggota jemaat (gereja) dengan Kristus, baik secara lahiriah (luar) maupun secara batiniah (dalam). Penggambaran satu tubuh banyak anggota adalah untuk menjelaskan tentang adanya kebersamaan (karya bersama) dari banyak pribadi dengan bentuk, ukuran, susunan dan fungsi yang berbeda-beda sebagaimana dicontohkan dengan adanya kaki, tangan, telinga, dan mata. Bahwa hubungan antara satu anggota dengan anggota yang lain adalah hubungan yang saling mendukung dan melengkapi, saling memperhatikan, dan saling merasakan. Sedangkan penggambaran satu roh dapat mengarahkan kita kepada aspek hati, kerinduan hati dan kehendak yang satu.

Pernyataan “Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya” adalah penegasan tentang identitas lahiriah maupun batiniah dari anggota jemaat (gereja) sebagai milik dan bagian utuh dari Kristus sekalipun diberi karunia yang berbeda. Adapun karunia-karunia itu antara lain sebagai rasul, nabi, pengajar, juga untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menfasirkan bahasa roh. Jadi nyatakanlah : Satu Gereja (Kristus), banyak karunia.

Refleksi
Renungkanlah: Apakah secara lahiriah dan batiniah saya telah memperlihatkan kehidupan sebagai tubuh Kristus, yang tidak membeda-bedakan latar belakang kehidupan sesama dan menjiwai kehendak Kristus melalui pikiran, perkataan, dan perbuatan?

Apakah selama ini saya telah menjalin karya bersama dalam kesehatian dan saling peduli dengan anggota Jemaat yang lain?

Tekadku
Aku akan makin berupaya menunjukkan identitasku sebagai milik dan bagian utuh dari Kristus secara lahiriah (tubuh) dan batiniah (roh), dengan mengembangkan karunia yang ada padaku.

Tindakanku
Memberitahukan atau mendaftarkan karunia yang TUHAN berikan kepadaku kepada pengurus sektor, Majelis Jemaat, atau kepada pihak kantor Jemaat dan komitmen hatiku untuk terlibat sebagai bagian dari kesatuan Jemaat Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«