suplemenGKI.com

Mazmur 95:1-5

BERIBADAH DENGAN MOTIVASI YANG BENAR

 

Pengantar
Pernahkah kita merenung dan bertanya dalam diri apakah sebenarnya motivasi kita datang beribadah kepada Allah? Apakah ibadah yang kita lakukan hanyalah sebuah rutinitas semata? Atau karena kita adalah orang-orang Kristen yang berkewajban untuk beribadah? Ataukah ada alasan lainnya. Pemazmur menyampaikan nyanyian yang begitu indah. Dalam nyanyiannya tersirat motivasi mengapa umat dikehendaki untuk beribadah kepada Allah.

Pemahaman

Ayat 1-3               Mengapa umat dikehendaki untuk beribadah kepada Allah ?

Ayat 4-5               Siapakah yang berkuasa atas seluruh bumi dan alam semesta?

Pemazmur menyampaikan dua alasan penting mengapa manusia harus beribadah kepada Allah. Yang pertama adalah karena Allah adalah gunung batu keselamatan kita (ayat 1). Pernyataan pemazmur menegaskan sifat Allah yang melindungi dan memelihara. Jika tanpa perlindungan dan pemeliharaan Allah, umat tidak akan bisa menjalani dan menikmati kehidupannya. Tindakan Allah yang selalu melindungi dan memelihara umatNya haruslah selalu disyukuri oleh umat.

Pemazmur menyampaikan sebuah pengakuan bahwa Allah adalah pencipta dan penguasa bumi serta seluruh alam semesta. Pengakuan ini memperlihatkan bahwa manusia bukanlah siapa-siapa jika dibandingkan dengan Allah. Allah berkuasa atas kehidupan umat-Nya.

Pemazmur mengajarkan umat untuk beribadah dengan motivasi yang benar. Ibadah bukanlah rutinitas atau syarat keagamaan yang wajib untuk dilakukan. Ibadah seharusnya menjadi tempat kita mengagungkan kebesaran Allah. Ibadah harus dimotivasi oleh rasa syukur dan pengakuan bahwa tanpa Allah manusia tidak mampu melakukan apa apa.

Refleksi
Sudahkah kita beribadah dengan motivasi yang benar? Sudahkah kita mengakui bahwa kita bisa menikmati segala sesuatu dalam hidup karena Allah?

Tekadku
Berikan kami semangat untuk setia beribadah kepada-Mu ya, Allah. Tolong kami untuk dengan sungguh-sungguh beribadah kepada-Mu. Berikan kami motivasi yang benar dalam beribadah, agar ibadah kami bukan sebuah rutinitas

Tindakanku
Mempersiapan diri setiap kali akan beribadah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*