suplemenGKI.com

Rabu, 22 Juli 2020

21/07/2020

Daniel 12 : 1 – 13

HIDUP BIJAKSANA DI AKHIR ZAMAN

 

Pengantar
Berbicara tentang Daniel, erat hubungannya dengan kesetiaan, ketekunan dan integritas. Di tengah situasi sulit Daniel muncul sebagai tokoh muda yang cemerlang. Dalam pencapaian ketenaran/puncak jabatanpun, harus dicapai melalui proses yang tidak mudah, ia harus melewati ujian demi ujian, yang begitu berat, walaupun ada harga yang harus di bayar. Namun semuanya dapat dilalui dalam tahapan-tahapan yang membuat Daniel semakin bijaksana.

Melalui renungan hari ini kita akan belajar dari kehidupan Daniel.

Pemahaman

  1. Peristiwa apakah yang diperlihatkan kepada Daniel tentang akhir jaman ( ayat 1-4 )
  2. Penglihatan apakah yang dinyatakan kepada Daniel ( ayat 5-7 )
  3. Bagaimana Daniel harus menjalani kehidupannya  ? ( ayat 8-13). Dan bagaimana relevansinya dalam kehidupan kita ?

Tuhan menyatakan sebuah wahyu kepada Daniel tentang peristiwa kehidupan yang akan datang. Ada peristiwa besar yang akan menimpa manusia, juga bangsa-bangsa di muka bumi sehingga akan mengakibatkan penderitaan, kesusahan dan kesukaran. Tentu saja penderitaan tersebut tidak akan menimpa semua orang yang ada di dunia, karena orang-orang yang namanya tertulis dalam kitab ( Umat-Nya ) akan diluputkan dari penderitaan. Bahkan Tuhan mengirim malaikat Mikhael  menjadi pembela dan pelindung umat Tuhan, sekaligus sebagai pembinasa musuh-musuh umat Tuhan. Orang yang terluput dari kesesakan itu yang akan masuk dalam kehidupan kekal dan  disebut sebagai orang yang bijaksana. Orang yang bijaksana ini, akan menuntun orang kedalam kebenaran.

Dalam penglihatan Daniel, ia melihat ada 3 orang, dua orang berdiri ditepi kanan dan kiri sungai, sementara yang satu berpakaian lenan berada disebelah atas sungai. Dalam percakapan mereka, Daniel mendengar, seorang dari yang ditepi sungai itu bertanya, “Bilamanakah hal-hal yang ajaib ini akan berakhir ? Orang yang berpakaian kain lenan diatas sungai menjawab, “Satu masa, dua masa, setengah masa, dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus ini, maka segala hal ini akan tergenapi”. Masa yang dikatakan oleh orang yang berpakaian lenan tersebut adalah suatu waktu yang tidak bisa diprediksi. Dia menjanjikan bahwa akhir zaman akan terjadi ketika kuasa perusak bangsa yang kudus yaitu iblis dan orang-orang yang tidak mengenal Allah akan berakhir. Kapan ? Hal ini terjadi ketika Tuhan Yesus datang menghakimi dunia.

Sesungguhnya, penglihatan itu membinngungkan Daniel, sehingga ia bertanya, “Tuanku, apakah akhir dari segala hal ini ?”. Namun orang itu tidak memberikan jawaban konkrit. Orang itu malah memerintahkan Daniel untuk pergi menjalani hidupnya dan tugasnya dengan setia kepada Tuhan sampai akhir hidupnya. Yang terpenting disini adalah bagaimana seseorang menjalani hidup dengan setia dan takut akan Tuhan, sehingga ia akan semakin bijaksana menaruh imannya yang penuh dengan pengharapan kepada Tuhan Yesus. Sehingga pada akhir  zaman ia akan dibangkitkan untuk mendapat bagian pada kesudahan zaman.

Refleksi
Marilah merenungkan : Pada akhirnya, penderitaan, kesusahan akan terjadi. Dalam kondisi seperti  itu, masihkah anda setia dan beriman kepada Tuhan ?

Tekadku
Ya Tuhan, ketika kami harus mengalami masa-masa sulit, tolonglah kami supaya kami dapat hidup dengan bijaksana, menjaga kesetiaan dan iman kami.

Tindakanku
Apapun yang terjadi di dunia ini, saya harus tetap memelihara iman dan kesetiaan kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«