suplemenGKI.com

Rabu, 22 April 2020

21/04/2020

Matius 12:38-42

BERANI MESKI DITOLAK

 

Pengantar
Bagi sebagian orang tanda adalah hal yang sangat prinsip, meski bagi sebagian orang lainnya tanda bukanlah sebuah hal yang perlu dipersoalkan. Tanda keilahian Yesus terus menjadi pergunjingan bagi imam-imam Yahudi. Bagi mereka adalah sebuah penghinaan apabila ada seseorang mengaku bahwa dirinya adalah nabi atau Anak Allah tanpa bisa membuktikan hal itu. Bagi para imam tanda adalah hal yang penting. Itu sebabnya para imam terus memberikan tekanan kepada Yesus lewat berbagai kesempatan. Meski sebenarnya apabila melihat jauh dan lebih dalam, yang dipersoalkan oleh para imam Farisi bukanlah perihal tanda.

Pemahaman

Ayat 38                  Hal apakah yang ditanyakan oleh para imam kepada Yesus ?

Ayat 39-40            Bagaimanakah tanggapan Yesus ? Apakah maksud ucapan Yesus dengan ‘Anak manusia tinggal dirahim bumi’ ?

ayat 41-42             Apa maksud Yesus menyinggung pertobatan orang Niniwe dan menyinggung kisah ratu dari selatan ?

Para imam sejak mula memang telah membenci Yesus. Kebencian itu muncul akibat berbagai hal yang Yesus kerjakan dan berbagai hal yang Yesus ajarkan. Mulai menyembuhkan orang sakit, menyembuhkan yang lumpuh, dan mengajarkan hal-hal yang tidak lazim pada masa itu. Para imam terus mencari celah kesalahan Yesus, berbagai upaya mereka lakukan termasuk meminta tanda (ayat 38)

Keinginan para imam Farisi untuk bisa mendapatkan alasan menangkap Yesus kembali sirna setelah Yesus menanggapi permintaan para imam dengan teguran yang sangat keras. Yesus menyebut mereka angkatan yang jahat dan tidak setia (ayat 39). Yesus menanggapi pertanyaan mereka dengan menyebut tanda Yunus. Tentu maksud Yesus terkait dengan pernyataan-NYA pada ayat ke-40 saat Yunus berada diperut ikan. Peristiwa Yunus diperut ikan merupakan analogi yang digunakan oleh Yesus untuk menjelaskan peristiwa yang akan Yesus alami. Bahwa DIA akan mati, dikuburkan kemudian setelah tiga hari bangkit. Meski demikian para imam tidak memahami maksud Yesus.

Yesus mengangkat kisah pertobatan Niniwe dan pada ayat 42 menyinggung kisah Ratu Syeba dengan sebutan ratu dari Selatan. Ratu  yang ingin mendengar hikmat Salomo (I Raja-raja 10). Dua bagian ini diangkat untuk memperlihatkan bahwa betapa besarnya kesalahan orang Yahudi yang tidak terbuka dan bersedia menerima dan mengakui Yesus. Orang Niniwe terbuka hati untuk mendengar teguran dan bersedia untuk bertobat. Sedangkan ratu dari selatan datang dari jauh untuk memberi diri mendengar hikmat Salomo. Yesus seharusnya diterima lebih dari Yunus dan Salomo (ayat 41-42).

Teks bacaan hari ini memperlihatkan percakapan Yesus dengan imam-imam Farisi perihal tanda. Apa yang sesungguhnya terjadi adalah bahwa imam-imam Farisi bukan mempersoalkan tanda tetapi secara mendasar mereka memang tidak percaya kepada Yesus. Jadi tanda apapun yang akan ditunjukkan-NYA tidak akan mengubah hati imam-imam Farisi.

Apabila Yesus mengalami penolakan yang begitu besar dimasanya, maka kita dimasa sekarang tidak perlu merasa heran dengan berbagai penolakan yang terjadi. Namun penolakan yang kita hadapi tidak seharusnya membuat semangat untuk terus mengerjakan tugas panggilan dan pengutusan terhenti.

Refleksi
Meski ditolak, Yesus tidak pernah berhenti memberitakan kabar baik. DIA terus melakukan pekerjaan BapaNYA hingga akhir. Penolakan akan selalu dihadapi oleh setiap orang Kristen yang hendak memberitakan kabar keselamatan. Namun Allah menghendaki agar tidak berhenti namun terus bersemangat mengerajakan pekerjaan Allah.

Tekadku
Ya Allah, mampukan saya untuk terus menghadirkan kasih-Mu dan keselamatan yang dari pada-MU meski saya menghadapi hinaan dan penolakan.

Tindakanku
Terus memberitakan injil dan menyatakan kasih Allah dimanapun berada

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«