suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 146

Tema :  Tuhan memperhatikan dan berpihak kepada orang-orang kecil

PENGANTAR
Nasib orang kecil dimana-mana selalu terabaikan. Siapa yang rela peduli dan memperhatikan mereka? kalaupun ada yang peduli itu dilakukan hanya oleh sebagian kecil orang saja. Kebanyakan memang nasib orang-orang kecil yang menderita dan miskin sering terabaikan. Lalu siapa yang peduli kepada mereka ? Dalam Mazmur 146 ini kita dapat menjumpai satu Pribadi yang begitu peduli dan memper- hatikan orang-orang yang menderita dan orang-orang kecil. Ini merupakan sebuah kebahagiaan.

PEMAHAMAN.

  1. Mengapa pemazmur menasehati para pembaca ( Jemaah/umat ) untuk tidak bergantung kepada manusia ( para bangsawan ) ? ( ayt 3-4 )
  2. Mengapa pemazmur mengajak umat untuk bersandar dan berharap hanya kepada Allah saja ? ( ayt 5-10 )

Pemazmur mengidentikkan jemaah/umat dengan orang-orang kecil yang biasanya kehidupannya susah, miskin dan menderita. Orang-orang kecil ini juga biasanya menjadi sasaran dari ketidakadilan sosial dari orang-orang terkemuka seperti para penguasa dan kaum bangsawan. Di lain pihak para penguasa dan kaum bangsawan karena kedudukan mereka banyak dijadikan tempat berlindung oleh orang-orang kecil. Untuk itulah maka pemazmur menegur dan menasehati agar umat yang tak lain adalah orang-orang kecil supaya mereka jangan bergantung kepada para bangsawan. Mengapa ? karena mereka hanyalah manusia yang lemah, fana dan dari debu. Peringatan ini diberikan supaya umat percaya kepada Tuhan dan sabar menantikan-Nya. Namun bagi orang yang sering dan banyak menderita maka tidak mudah bagi mereka untuk percaya dan berharap pada pertolongan Tuhan. Siapa Tuhan itu sehingga Ia bisa dipercaya ? Pemazmur memberikan jawaban yang luar biasa. Tuhan adalah “Allah Yakub”, Dialah pencipta langit danbumi, laut dan segala isinya. Tuhan adalah penolong yang Mahakuasa. Umat tidak perlu ragu untuk percaya dan berharap kepada Tuhan. Sebab Tuhan pencipta juga adalah Tuhan penyelamat. Dia adalah Allah yang setiadalam perbuatan dan perkataan-Nya.

Sungguh hal itu merupakan kebahagiaan bagi kita semua karena kita punya Allah yang luar biasa. Allah yang peduli dan mengerti terhadap kaum kecil. Allah yang setia kepada setiap umat percaya baik itu orang miskin atau orang kaya, orang-orang biasa maupun orang-orang terkemuka. Sehingga hal itu membuat kita selalu bersyukur dan memuliakan Tuhan. Tepatlah jika pemazmur mengatakan, “Aku hendak memuliakan Tuhanselama aku hidup dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada”. Amin.

REFLEKSI
Renungkanlah : Jika saudara mengalami penderitaan dan kesulitan bahkan ancaman, kepada siapakah saudara berharap dan meminta pertolongan dan perlindungan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya agar saya selalu percaya dan berharap hanya kepada-Mu.

TINDAKANKU
Saya harus menjalani hidup dengan bersyukur dan memuliakan Tuhan karena Dia adalah Tuhan yang Maha kuasa tempat yang paling tepat bagi saya untuk berlindung dan berharap.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*