suplemenGKI.com

Mazmur 93:1-4

TUHAN ADALAH RAJA HIDUPKU

Pengantar
Salah satu arti dari kata Raja dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penguasa tertinggi dari suatu kerajaan. Raja melambangkan kekuasaan yang besar, kedaulatan mutlak dan jabatan tertinggi. Raja adalah seorang pemimpin yang mempengaruhi berbagai hal dalam kehidupan suatu kerajaan.

Pemazmur dalam bacaan kita menggambarkan Tuhan sebagai seorang Raja dalam kehidupan manusia. Bagi pemazmur hanya Tuhan yang memiliki kekuasaan yang sangat luar biasa dan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan seluruh ciptaan di bumi. Mari kita renungkan bersama bagaimana kekuasaan Tuhan sebagai Raja dalam kehidupan kita.

Pemahaman

ayat 1-2                Bagaimana gambaran Tuhan sebagai Raja?

Ayat 3-4               Bagaimana kemahakuasaan Tuhan dibandingkan kekuatan alam di dunia?

Puji-pujian yang dinyatakan pemazmur dalam bacaan kita ini merupakan penyataan iman pemazmur yang mau mengingatkan bangsa Israel yang mudah dipengaruhi keyakinan dan kekuasaan dari bangsa lain yang tidak mengenal Allah.

Di bagian awal pemazmur langsung menyatakan bahwa Tuhan adalah Raja. Ini menunjukkan bahwa bagi pemazmur tidak ada yang lebih berkuasa di dunia ini selain daripada Tuhan itu sendiri. Hanya Tuhan yang memiliki kuasa kekal di dunia melebihi kuasa raja-raja dunia. Penyataan iman ini penting bagi umat Israel karena mereka sering meragukan kemahakuasaan Tuhan dan membuat mereka dengan mudah beralih kepada ilah-ilah lain bahkan menyembah raja-raja dunia.

Pemazmur mengingatkan bahwa tidak ada kuasa yang lebih hebat daripada Tuhan karena itu kita diajak untuk selalu menaruh pengharapan kepada Tuhan. Dengan begitu, kita sendiri akan sungguh mengalami dan merasakan kuasa Tuhan di dalam kehidupan kita sebagai orang percaya.

Dalam bagian selanjutnya pemazmur memperlihatkan bahwa banyak kuasa dunia ini yang terlihat lebih hebat dan membuat kita meragukan Tuhan. Namun, pemazmur nyatakan berbagai kekuatan itu tidak ada artinya dibandingkan kekuatan Tuhan sebagai Raja kehidupan kita (lih. Ay. 4).

Puji-pujian pemazmur ini mengingatkan kepada setiap kita orang percaya bahwa Tuhan adalah Raja kita yang seharusnya sungguh menjadi pemimpin dalam segala aspek kehidupan kita. Jika Tuhan adalah Raja sudah semestinya kita lebih menaruh kepercayaan kita kepada Tuhan bukan kepada yang lain. Karena tidak jarang dalam kehidupan kita pribadi, kita lebih percaya kepada orang lain yang jabatannya lebih tinggi, yang uangnya lebih banyak, yang kita anggap lebih hebat dari kita. Dengan begitu segala keputusan dalam hidup kita sering dipengaruhi orang tersebut dibandingkan kita percayakan kepada Tuhan. Namun Tuhan akan kita cari saat kita mengalami keputusasaan, kesulitan dan kegagalan. Tuhan tidak lagi jadi Raja tapi hanya pelengkap dalam hidup.

Keyakinan iman pemazmur hendaknya menjadi keyakinan iman kita. Biarlah Tuhan sungguh jadi Raja dan sungguh menguasai seluruh aspek kehidupan kita sehingga kita mau sepenuhnya percaya kepada Tuhan dalam menjalani kehidupan ini.

Refleksi
Dalam keheningan, mari kita melihat perjalanan hidup kita, apakah Tuhan sungguh jadi Raja yang memimpin kehidupan kita atau kita malah lebih percaya pada kuasa yang lain? Apakah kita kini mau sungguh percaya bahwa kuasa Tuhan lebih daripada kuasa yang lain? Apakah kita mau sungguh menyerahkan hidup kita sepenuhnya dalam pimpinan Tuhan, Sang Raja kehidupan kita?

Tekadku
Tuhan, ampunilah aku yang sering kali melupakan Tuhan dalam menjalani kehidupan ini. Tanpa sadar aku sering meragukan kemahakuasaan Tuhan dan lebih mengandalkan yang lain untuk bisa menjalani hidup ini. Tuntunlah aku Tuhan agar sungguh-sungguh percaya bahwa Tuhan adalah Raja yang berkuasa dalam hidupku dan aku mau sepenuhnya dituntun Tuhan menapaki hari-hari kehidupanku.

Tindakanku
Aku mau lebih mendalami firman-Mu dan bertekun dalam doa sehingga semakin dituntun Tuhan dalam mengambil setiap keputusan penting dalam kehidupanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*