suplemenGKI.com

DITINGGALKAN ALLAH?

Mazmur 22:1-22

 

Pengantar
Pernahkan saudara mendengarkan lagu Nobody’s Child? lagu ini mengisahkan kesedihan seorang anak yatim piatu yang ditinggal di sebuah panti asuhan. Teman-teman lainnya sudah banyak yang meninggalkan panti asuhan karena diadopsi. Namun tidak ada satu keluargapun yang mau mengadopsi dirinya karena dia buta. Anak itu mengalami penderitaan batin yang luar biasa, sampai ada satu lirik lagunya mengatakan “I wish that I chould die” ia berharap ingin mati. Ia telah ditolak oleh setiap orang yang melihatnya. Namun penderitaan ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dialami oleh pemazmur. penderitaan, apakah itu?

Pemahaman

  • Ayat 2-3, 7-9         : Apakah yang dialami oleh Daud? Bagaimanakah ia menggambarkan keadaannya?
  • Ayat 4-6, 10-11    : Apakah yang ia lakukan di tengah-tengah keterpurukannya?
  • Pernahkan saudara merasa ditinggalkan oleh Allah karena masalah yang saudara alami terlalu berat?

Pemazmur mengatakan “Allahku, Allahku, mengapa engkau meninggalkan aku? (Ay. 1) ia merasakah bahwa Allah telah meninggalkannya karena penderitaan dan tantangan hidup yang ia alami begitu luar biasa. Pemazmur menggambarkan dirinya sebagai ulat bukan orang, cela bagi manusia, dihina oleh orang banyak (Ay. 7). Semua orang menghina dan mencibirnya (Ay. 8), dikepung oleh musuh dan berbagai pihak (Ay. 13). Segala tulang terlepas dari sendinya, hatinya hancur bagaikan lilin yang meleleh (Ay. 15).

Di tengah-tengah keterpurukannya ia tetap berseru kepada Allah dan menghibur hatinya, sekalipun ia merasa bahwa Allah telah meninggalkan dirinya. Pemazmur tetap berpikir baik tentang Allah “Padahal Engkaulah Allah Yang Kudus”, Allah yang adil, setia dan baik. Ia menghibur diri dengan pengalaman-pengalaman yang sudah dimiliki oleh orang-orang percaya pada zaman dulu akan manfaat iman dan doa (Ay. 5-6). Ia juga membesarkan hatinya yang telah hancur karena banyak orang yang merendahkannya dengan mengingat pemeliharaan Allah bahwa Allah telah mengeluarkannya dari kandungan ibunya, membuatnya merasa aman, dan ia bangga mempunyai Allah yang sungguh mengasihinya (Ay. 10-11).

Refleksi
Renungkanlah: Masalah apakah yang sedang saudara hadapi saat ini? Apakah saudara merasa Allah meninggalkan saudara? Berseru dan berdoalah kepada Allah karna Ia selalu ada untuk menolong kita. Kita tidak pernah sendiri karna Allah selalu beserta dengan kita.

Tekadku
Ya Tuhan, tolong saya untuk tetap teguh dan percaya kepada-Mu, walaupun berbagai masalah dan pergumulan datang menimpaku.

Tindakanku
Saya akan membawa setiap masalah dan persoalan hidup yang saya alami dalam doa dan berseru meminta pertolongan Tuhan. Saya akan mengingat pertolongan Tuhan yang telah saya alami ketika saya mulai ragu akan pertolongan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*