suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 103 : 1-5

PUJILAH TUHAN

PENGANTAR
Pernahkah anda mengalami keterpurukan dalam hidup anda? Sedangkan orang-orang disekitar anda nampak acuh tak acuh terhadap anda? Bagaimana perasaan anda? Mungkin sedih, kecewa dan putus asa. Tetapi ditengah-tengah keterpurukan tersebut secara bertahap Tuhan memulihkan dan mengangkat anda kembali sehingga anda menjadi orang yang diberkati. Kira-kira bagaimana perasaan anda? Renungan hari ini memberikan penjelasan tentang hal tersebut.

PEMAHAMAN
1. Mengapa Pemazmur mengajak memuji Tuhan? ( ayat 1-5)

2. Bagaimanakah kita seharusnya meresponi kebaikan Tuhan?

Pemazmur mengajak dirinya sendiri untuk memuji Tuhan. Karena ia telah merasakan kebaikan-kebaikan Tuhan yang begitu besar. Paling tidak ada lima kebaikan Tuhan yang telah diterima pemazmur disini : 1. Mengampuni segala kesalahan; 2. Menyembuhkan segala penyakit; 3. Menebus hidup dari lubang kubur; 4. Memahkotai dengan kasih setia dan rahmat; 5. Memuaskan hasrat dengan kebaikan. Jika kita cermati kelima hal tersebut merupakan pekerjaan Tuhan yang dilakukan secara berurutan, dari keterpurukan hidup karena dosa atau sakit penyakit Berkat Pertolongan & Anugerah Tuhan sehingga Pemazmur mendapatkan kemuliaan (Mahkota). Bahkan yang lebih indah lagi Pemazmur terus-menerus mengalami dan merasakan kebaikan Tuhan sehingga hari-harinya dipenuhi dengan anugerah-anugerah yang membawa kebahagiaan, keberhasilan, dan kesejahteraan. Kebaikan Tuhan ini membuat daya hidup masa muda Pemazmur bangkit kembali, menjadi seperti tetap muda, kuat dan tidak pernah lesu seperti pada burung Rajawali yang terkenal karena ketangkasan dan kecepatannya.

Mengenyam pengalaman yang indah tersebut dengan lantang penuh sukacita, Pemazmur mengungkapkan kerinduannya untuk memuji Tuhan. Sebenarnya kita juga telah banyak menerima Anugerah Tuhan / Kebaikan Tuhan. Tuhan sudah mengampuni dosa kita, Tuhan juga sudah menganugerahkan Keselamatan kepada kita dengan cuma-cuma, Tuhan juga sudah memberikan Kesehatan, juga berkat-berkat jasmani (materi). Dan masih banyak lagi kebaikan-kebaikan Tuhan yang kita terima. Menyikapi (meresponi) setiap kebaikan Tuhan yang sudah kita terima dan rasakan alangkah baiknya kita memiliki kerinduan untuk memuji Tuhan. Mari kita memuji Tuhan.

REFLEKSI
Ambillah saat hening sejenak! Renungkanlah berapa banyak saudara menerima kebaikan Tuhan? Apakah setiap kebaikan Tuhan yang saudara terima membuat saudara terkagum lalu memuji Tuhan? Pujilah Tuhan sebab Ia baik!

TEKADKU
Tuhan! Engkau selalu menyatakan kebaikanMu padaku. Tiada kata yang pantas yang saya ucapkan selain “Aku memuji kebesaranMu”

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan belajar, memuji Tuhan atas setiap Kebaikan Tuhan yang saya terima, baik melaului nyanyian ataupun tutur kata.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«