suplemenGKI.com

Rabu, 20 Mei 2020

19/05/2020

REGENERASI: SIAPA TAKUT?

Ulangan 31:1-8

 

Pengantar
Apakah Saudara suka menyanyikan lagu, “ TUHAN yang pegang” (NKB 49)?

Tak ‘ku tahu ‘kan hari esok, namun langkahku tegap. Bukan surya ‘ku harapkan, kar’na surya ‘kan lenyap. O tiada ‘ku gelisah akan masa menjelang;‘ku berjalan serta YESUS, maka hatiku tenang.

Refrein: Banyak hal tak ‘ku fahami dalam masa menjelang.

Tapi t’rang bagiku ini: Tangan Tuhan yang pegang.

Bila kita menyadari bahwa hidup ini dalam pegangan tangan TUHAN maka kita tak akan takut dan gelisah menghadapi masa depan.  Masa depan kita, keluarga, gereja dan masyarakat kita tidak tergantung pada seseorang tapi tergantung pada TUHAN, Sang Pemimpin dan Perancang masa depan. Inilah yang akan kita renungkan hari ini.

Pemahaman

  • Ayat 1-6 : Pesan apa yang disampaikan Musa kepada umat Israel?
  • Ayat  3    : Mengapa Musa berani menyerahkan kepemimpinan kepada Yosua?
  • Ayat 7-8 : Apakah yang dilakukan Musa untuk menyemangati Yosua dalam serah terima kepemimpinan atas umat Israel?

Bacaan Alkitab hari ini  mengisahkan tentang pergantian kepemimpinan atas umat Israel. Musa sudah tua (berumur 120 tahun). Ia mulai menyadari keterbatasan fisiknya. Ia juga ingat bahwa TUHAN sendiri telah mengatakan bahwa ia tidak akan memasuki tanah Perjanjian (ayat 2). Bayangkanlah pada waktu itu Israel sudah tiba di ambang pintu tanah Perjanjian. Musa dengan setia menghantar mereka sampai di situ. Namun Musa tidak diijinkan TUHAN masuk ke tanah Kanaan. Tentu hal ini membuat hati umat Israel menjadi gelisah dan takut.

Lalu siapakah yang akan memimpin bangsa Israel untuk memasuki tanah perjanjian? Musa menyerahkan kepemimpinan kepada Yosua. Namun tidak seorang pun yang dapat menjamin Israel mampu menduduki tanah Kanaan di bawah kepemimpinan Yosua.  Musa pun meneguhkan umat agar mereka percaya bahwa ALLAH tetap menolong mereka, siapa pun pemimpin mereka. Kalau selama ini mereka sudah dipimpin dan ditolong ALLAH melewati banyak rintangan dan kesulitan, maka di masa depan hal yang sama juga akan mereka rasakan sebab ALLAH-lah yang memegang dan menuntun mereka! Maka ALLAH pun akan memakai Yosua sebagai pemimpin umat dalam berperang mengalahkan musuh (ayat 6).

Musa pun memanggil Yosua dan menyerahkan kepemimpinan kepadanya. Musa menguatkan dan memberikan semangat kepada Yosua agar ia menerima tugas kepemimpinan dalam iman akan penyertaan dan pimpinan TUHAN.  Musa berkata kepada Yosua: “Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, … TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” (ayat 7-8). Kalimat penguatan dan penyemangat yang diucapkan Musa ini mau menegaskan bahwa kendali sejarah kehidupan umat hanya ada di tangan ALLAH bukan di tangan kita atau seorang pemimpin. Seorang pemimpin hanyalah hamba dan alat yang dipegang TUHAN. Dalam kendali dan pegangan tangan TUHAN pasti  kita bisa melakukan tugas panggilan seberat apa pun.

Kisah regenerasi  kepemimpinan umat Israel ini juga mengingatkan kita bahwa selalu ada  pemimpin baru yang bisa dipakai TUHAN untuk memimpin umat-Nya menyongsong masa depan. Sebab TUHAN sendirilah yang memegang kehidupan umat-Nya.  Oleh karenanya jangan takut melakukan regenerasi kepemimpinan.

Refleksi
Dalam keheningan, renungkanlah: apakah selama ini aku takut menghadapi masa depan? Apakah aku terlalu menggantungkan harapan pada diri sendiri atau pada seseorang dan bukannya pada TUHAN? 

Tekadku
Ya TUHAN mampukanlah aku menjalani hidup hari ini dan menyongsong masa depan dalam iman akan pimpinan TUHAN.

Tindakanku

  • Aku akan belajar mempercayakan  masa depan  dalam kendali TUHAN
  • Bila aku seorang pemimpin, aku akan belajar melakukan regenerasi kepemimpinan dan mendoakan pemimpin baru.
  • Bila aku dipercaya menjadi pemimpin baru, aku akan menyambutnya dengan iman dan pengharapan akan yang pertolongan dan penyertaan TUHAN.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»