suplemenGKI.com

Rabu, 20 Juli 2016

19/07/2016

BERPAUT PADA KRISTUS, YANG KALAHKAN MAUT

Kolose 2 : 6 – 15

 

Pengantar
Hidup di tengah masyarakat berarti hidup dalam sebuah budaya. Ada budaya hidup yang baik tapi ada juga yang buruk. Baik atau buruknya sebuah budaya hidup bergantung pada kuasa yang ada di balik proses pembentukannya, atau secara lebih konkret bergantung pada siapa atau hal apa yang menguasai kehidupan masyarakat tersebut. Adapun salah satu bentuk budaya hidup adalah ajaran atau pemikiran yang diikuti oleh sebuah masyarakat. Jemaat sebagai salah satu bentuk kehidupan bersama (baca: masyarakat) juga perlu memiliki ajaran dan pemikiran yang baik, yang membuat orang menjadi berdaya secara positif dan bukan diperdayakan oleh hal negatif. Bacaan Alkitab hari ini mengajak kita untuk melihat nasehat rasul Paulus sebagaimana tertulis dalam Kolose 2 : 6 – 9 tentang sikap terhadap ajaran dan pemikiran yang ada di sekitarnya.

Pemahaman
Ayat   6 – 8     :  Apa yang menjadi nasehat rasul Paulus bagi jemaat di Kolose?
Ayat   9 – 15   :  Apa yang menjadi dasar nasehat tersebut?

Rasul Paulus menasehatkan jemaat di Kolose untuk tetap hidup dalam Kristus, berakar di dalam DIA dan dibangun di atas DIA, serta bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepada mereka, dan memiliki hati yang melimpah dengan syukur. Hal ini diperlukan dalam rangka menghadapi adanya ajaran-ajaran yang tidak menurut Kristus. Jadi harus ada keterpautan (kelekatan) dalam hidup beriman kepada Kristus.

Nasehat rasul Paulus ini didasarkan pada pemahaman iman bahwa hanya di dalam Kristus ada kepenuhan ALLAH, dan jemaat telah hidup di dalam Kristus, yang adalah kepala semua penguasa dan pemerintah.  Dengan sunat Kristus maka tubuh berdosa ditanggalkan, dan di dalam baptisan Kristus, ada penguburan dosa dan selanjutnya kebangkitan hidup karena kerja kuasa ALLAH. Pengampunan dan penghapusan dosa menjadi bukti kemenangan Kristus atas segala kuasa pemerintah dan penguasa duniawi. Dengan demikian maka umat jangan lagi tertawan oleh berbagai ajaran atau pemikiran (baca: aturan-aturan) dunia yang membatasi karya Kristus yang memberdayakan manusia untuk menang atas dosa dan kuasa maut.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan: Apakah kita telah sungguh hidup dalam Kristus? Adakah ajaran atau pemikiran (aturan-aturan) dunia yang masih menawan hidup kita?

Tekad
Ya ALLAH, jadikan aku pribadi yang sungguh hidup dalam Kristus dan mengalami karya kemenangan Kristus di dalam hidupku.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan terus mewaspadai dan hati-hati terhadap berbagai ajaran dan pemkiran (aturan-aturan) dunia yang membatasi karya Kristus dalam hidupku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*