suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 19 : 1 – 15.

“TAURAT TUHAN ITU SEMPURNA”

PENGANTAR.
Mazmur ini mewakili Penciptaan dan Hukum Taurat. Penciptaan dan Hukum Taurat, keduanya adalah sumber Penyataan Allah. Apa yang kita dengar dari Mazmur ini adalah penciptaan dan Taurat, alam dan Firman saling melengkapi begitu rupa sehingga  menjadi kesaksian lebih penuh tentang Tuhan.

PEMAHAMAN.

  1. Apa yang dimaksud dengan kalimat, “Langit menceritakan kemuliaan Allah” ? ( ayt 2 )
  2. Apa yang dapat kita temukan tentang keistimewaan Taurat ? ( ayt 8 – 11 )
  3. Bagaimana Taurat dapat bermakna dalam kehidupan saudara ? ( ayt 12 – 15 )

Alam semesta, langit, bumi dan segala isinya adalah ciptaan Allah. Langit menceritakan kemuliaan Allah mengandung makna bahwa dibalik keindahan, keajaiban langit bahkan alam semesta  Allahlah yang membuatNya. Kita dapat menikmati keindahan dan keajaiban ciptaan, namun dibalik ciptaan itu kita dibuat kagum dan percaya kepada Sang Pencipta. Dan hanya kepadaNya saja kita menyembah.

Kata “berita”  dalam ayat 1 dan 2 dan “ucapan” dalam ayat 15 memakai kata yang berakar pada kata Ibrani “omer” yaitu “suara” yang menyatakan Allah dalam penciptaan. “Ucapan” atau “Suara” dimaknai sebagai “Kata-kata” atau “Firman” yang mana hal itu menunjuk kepada “Taurat”. Bagi Pemazmur Firman atau Taurat itu begitu sempurna, menyegarkan jiwa, teguh, memberikan hikmat, menyukakan hati, murni, membuat mata bercahaya, tetap ada untuk selamanya, benar dan adil. Bahkan Taurat Tuhan itu memberitakan bahwa kasih Tuhan kepada umat manusia menyatakan pemeliharaan Allah yang tak pernah berhenti. Jika kita memahami bahwa Taurat itu memberikan dampak positif bagi kehidupan umat percaya maka kita akan mencintainya dan mengenakannya dalam kehidupan kita. Dan itulah seharusnya yang membuat kita bersyukur kepada Tuhan karena Taurat Tuhan itu memperingatkan dan membimbing sehingga kehidupan kita berkenan dihadapan Tuhan. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI.
Marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan hal-hal berikut. Apakah manfaat Taurat (Firman Tuhan) dalam kehidupan saudara ?  adakah Taurat/Firman Tuhan dapat menjadi daya/kekuatan yang mendobrak kesalahan saudara dan memperbaiki perilaku saudara ?

TEKADKU.
Ya Tuhan bimbinglah saya agar saya dapat menjadikan TauratMu/FirmanMu sebagai  penuntun kehidupan saya.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya akan menjalani hidup dengan berpegang dan bersandar kepada Firman Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*