suplemenGKI.com

PRIBADI YANG TEPAT

Mazmur 17:6-9

 

Pengantar

Ada seorang gadis kecil yang merasa begitu dekat dengan ayahnya. Baginya, ayahnya adalah seorang pria yang hebat dan selalu bisa melindungi dirinya. Ketika ia diganggu oleh teman-temannya di sekolah, ia langsung mengadukan hal itu kepada ayahnya. Dia yakin ayahnya pasti akan membela dirinya. Dia pun merasa aman dan nyaman saat berada di dekat ayahnya. Apakah yang dirasakan oleh gadis kecil ini juga mewakili perasaan kita dalam perjalanan iman kepada Tuhan? Apakah kita juga memandang Tuhan sebagai Penolong yang membuat kita merasa nyaman berada di dekat-Nya?

 

Pemahaman

  • Ayat 6-9 : Apakah isi permohonan doa Pemazmur?
  • Bagaimanakah pandangan Pemazmur tentang Allah sehingga ia berani mengajukan permohonan dalam doa?

 

Selama hidup di dalam dunia ini, manusia tidak pernah bisa lepas dari pergumulan hidup. Setiap orang memiliki pergumulan yang berbeda-beda. Lihatlah pergumulan Pemazmur dalam Mazmur 17:6-9! Ayat-ayat ini menceritakan tentang permohonan Pemazmur di tengah pergumulan yang sedang melanda kehidupannya. Tampaknya saat itu ia sedang merasakan beratnya menanggung sebuah pergumulan.

Pemazmur bergumul dalam dambaan akan kelepasan dari himpitan musuh. Di tengah pergumulannya itu, Pemazmur percaya bahwa Allah adalah Pribadi yang tepat untuk memohon pertolongan. Dalam doanya, ia memohon agar Allah memberikan kasih setia, kekuatan dan  perlindungan.  Dalam doa permohonan ini tampak kedekatan Pemazmur dengan Allah. Ia memohon Allah memelihara dan melindungi dirinya bagikan biji mata yang selalu dilindungi dan dijaga keamanannya. Dia percaya bahwa di tengah pergumulannya yang berat ada Allah yang pasti akan menolongnya.

 

Refleksi

Duduklah dan ingatlah apa yang menjadi pergumulan Anda saat ini. Beratkah pergumulan yang Anda rasakah saat ini? Di tengah pergumulan Anda, yakinkah Anda bahwa Allah adalah Pribadi yang Tepat untuk menolong Anda?

 

Tekadku

Tuhan, dalam setiap pergumulan hidupku, mampukanlah aku untuk senantiasa berharap dan percaya kepada-Mu sebagai Pribadi yang akan menolongku. Berikanlah aku hikmat untuk meyakinkan orang lain  bahwa Engkaulah Pribadi yang tepat untuk memohon pertolongan.

 

Tindakanku

Aku akan menjalani kehidupan hari ini dengan bersemangat sebab ku yakin ada Tuhan yang mendengar doaku dan  siap menolongku menghadapi semua pergumulan hidup. Aku juga akan memberikan semangat kepada keluarga atau temanku untuk selalu datang memohon pertolongan Tuhan, apa pun yang menjadi  pergumulannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«