suplemenGKI.com

Rabu, 2 Maret 2016

01/03/2016

DOA: SENJATA AMPUH MENGHADAPI BADAI HIDUP

Mazmur 32:6-7

 

Pengantar
Dalam tayangan televise kita sering melihat berbagai macam iklan yang dapat menarik perhatian para konsumen. Salah satunya adalah iklan pembasmi nyamuk. Dalam iklan tersebut mengatakan bahwa obat nyamuk yang ditawarkan mampu membasmi nyamuk dengan cepat sehingga tidur pun menjadi nyenyak. Saudara, ada berbagai macam cara yang digunakan oleh manusia dalam menyelesaikan masalahnya dan mencari ketenangan. Semakin banyak cara, maka manusia akan semakin bingung untuk memilihnya. Tanpa disadari manusia lupa dengan DOA. Doa bukan sekedar sarana berkomunikasi dengan Tuhan. Melalui doa, kehidupan kerohanian kita pun turut dibangun. Bahkan ketika kita menghadapi pergumulan hidup, datang kepada Tuhan dengan doa maka kita merasakan keteduhan hati.

Pemahaman

  • Ayat 6      : Hasil apakah yang didapat oleh orang yang bertekun dalam doanya?
  • Ayat 7      : Apa yang Allah lakukan terhadap orang-orang yang mengalami kesesakan?

Bagian yang kita renungkan ini merupakan lanjutan dari ayat 1-5. Jika di bagian sebelumnya Pemazmur mengingatkan kembali betapa penting hidup jujur di hadapan Allah, maka di ayat 6-7 Pemazmur mengingatkan para pembacanya tentang doa kepada Allah. Pemazmur berharap orang saleh berdoa kepada Tuhan. Harus disadari bahwa orang percaya pun tidak pernah luput dari permasalahan ataupun malapetaka. Namun dengan berdoa orang percaya dapat dikuatkan ketika menghadapi berbagai masalah dalam hidupnya ( ayat 6 ). Dengan berdoa, orang percaya juga diingatkan untuk tidak jatuh dalam dosa.

Oleh sebab itu lebih lanjut Pemazmur mengungkapkan bahwa Allah adalah tempat persembunyian dan ia melidungiumat-Nya dari segala marabahaya. Pemazmur sungguh merasakan perlindungan Allah maka ia bersukacita dan bersorak oleh karenaTuhan ( ayat 7 ).

Refleksi
Dalam keheningan ingatlah kapan terakhir kali Saudara panic dan takut ? Apakah yang Saudara lakukan saat panic dan takut ? Kemanakah Saudara berlindung ketika badai hidup datang silih berganti ? Kepada Allah dalam doa atau allah-allah lain?

Tekadku
Tuhan, mampukan aku untuk membawa seluruh persoalan dan beban hidupku dalam doa kepada-Mu sebab aku percaya Engkaulah sandaran hidupku.

Tindakanku
Mulai hari ini aku akan membawa setiap pergumulanku kepada Tuhan dalam doa sebab Allah adalah satu-satunya tempat sandaranku. Aku akan mengawali doaku hari ini dengan penuh iman sambil bernyanyi  “Dia Hanya Sejauh Doa”:

Bila kau rasa gelisah di hatimu.Bila kelam kabut tak menentu hidupmu.
Ingat Yesus takkan pernah meninggalkanmu. Dia s’lalu pedulikan kamu.

Refrein:
Berseru memanggil memanggil nama-Nya.
Berdoa Dia ‘kan se’gra menghampiri dirimu.
Percaya Dia tak jauh darimu.Dia hanya sejauh doa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«