suplemenGKI.com

KARYA KESELAMATAN

Lukas 1:68-75

 

Pengantar
Nyanyian Zakharia atau kidung Zakharia disebut juga Benedictus berisi berbagai nubuatan yang disampaikan oleh Zakharia. Nubuatan ini sebagian besar mengutip nubuatan para nabi dalam Perjanjian Lama. Nyanyian Zakharia ini merupakan bentuk sukacita dan rasa syukurnya atas karya ALLAH dalam kehidupannya. Zakharia menyadari bahwa karya ALLAH dalam kehidupannya merupakan gambaran karya ALLAH dalam kehidupan umat.

Pemahaman
Ayat 68 – 75        Apa yang ALLAH akan kerjakan dalam kehidupan umat-Nya menurut  nyanyian Zakharia?

Zakharia mengawali nyanyiannya yang berisi nubuatan dengan sebuah ungkapan syukur. Ungkapan syukur itu merupakan bentuk sukacita oleh karena ALLAH yang setia dan tidak pernah meninggalkan umat-Nya (ayat 68). ALLAH dinubuatkan akan ‘menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan’ (ayat 69). Nubuatan ini tentulah menunjuk pada sosok mesias yang akan datang. Sang Mesias inilah yang akan membebaskan umat ALLAH dari musuh-musuh mereka (ayat 71,74).

Nyanyian nubuatan Zakharia merupakan suara kenabian yang telah tergenapi. Namun berita tentang Mesias yang membawa karya keselamatan itu sudah seharusnya untuk terus diberitakan. ALLAH menghendaki agar umat yang masih hidup dalam kegelapan dan dalam naungan maut dapat mengalami karya keselamatan dari ALLAH. Keselamatan bukanlah milik sebuah kelompok atau individu-individu. ALLAH menghendaki karya keselamatan yang Ia kerjakan terus diberitakan oleh umat dalam kehidupan mereka sehari-hari. Agar keselamatan dari ALLAH dapat dirasakan oleh seluruh ciptaan.

Refleksi
Sudahkah karya keselamatan dari ALLAH telah kita beritakan kepada sesama? Sudahkah keselamatan dari ALLAH tercermin dalam sikap hidup?

Tekadku
Ya ALLAH, mampukan saya untuk memberitakan karya keselamatan yang Engkau telah kerjakan didalam Yesus Kristus kepada sesama

 

Tindakanku
Menyatakan kasih dan kepedulian melalui sikap hidup sehari-hari

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«