suplemenGKI.com

Rabu, 19 Juni 2019

18/06/2019

TANGAN TUHAN MENJANGKAU SEGALA BANGSA

Mazmur 22: 28-29

 

Pengantar
Salah satu persoalan yang mengganggu kehidupan masyarakat  kita adalah arogansi orang beragama yang merasa bahwa TUHAN hanyalah milik kelompoknya bukan milik kelompok lain. Tentu Anda masih ingat ada kelompok orang yang mengklaim bahwa nama ALLAH hanya boleh dipakai oleh kelompoknya. Sebaliknya kelompok lain tak boleh menyebut nama ALLAH.  Bagaimanakah tanggapan kita terhadap  pandangan ini? Benarkah ALLAH hanya milik sekelompok orang ? Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 28 : Siapa sajakah yang diberi kesempatan bertobat dan menyembah TUHAN?
  • Ayat 29 : Siapa sajakah yang hidupnya diperintah ( dikuasai ) oleh TUHAN?

Pemazmur tahu bahwa TUHAN  berdaulat atas isi seluruh bumi.  Semua orang dari segala bangsa akan tunduk di hadapan-Nya. TUHAN selalu membuka tangan-Nya untuk menjangkau semua orang dari segala bangsa.  TUHAN memberi kesempatan bagi seluruh bangsa untuk bertobat dan menyembah-Nya. Kasih-Nya dicurahkan bagi semua orang. Pintu berkat-Nya dibuka untuk siapa pun juga. TUHAN tidak pernah pilih kasih, Dia mengasihi setiap orang, tanpa pandang bulu. Penghayatan akan kasih ALLAH yang menjangkau semua orang juga ditulis oleh Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma. Paulus berkata Atau adakah ALLAH hanya ALLAH  orang Yahudi saja? Bukankah Ia juga adalah ALLAH bangsa-bangsa lain? Ya, benar. Ia juga adalah ALLAH  bangsa-bangsa lain!” (Roma 3:29).

Firman TUHAN mengajarkan kepada kita untuk memiliki sikap iman yang inklusif  bukan eksklusif. Orang beriman yang bersikap eksklusif akan cenderung membatasi karya dan kasih ALLAH hanya untuk dirinya dan kelompoknya. Sebaliknya orang yang mengekpresikan iman dalam sikap inklusif akan selalu terbuka untuk mengakui karya ALLAH yang bekerja bukan hanya untuk dirinya dan kelompoknya tapi juga untuk semua orang dan golongan.

TUHAN adalah ALLAH Sang Maha kuasa dan Maha baik yang menciptakan seluruh bumi dan segala isinya. Oleh karena itu pasti Dia mengasihi semua orang, semua kelompok dan seluruh bangsa. Dia selalu mengulurkan tangan untuk menjangkau semua orang demi menyelamatkan mereka. Sebaliknya  semua orang dari kaum dan golongan apa pun mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyembah Dia.

Bila tangan TUHAN menjangkau dan merangkul semua orang maka sudah selayaknya kita sebagai umat-Nya juga memperkenalkan ALLAH Sang Maha baik itu  bagi semua orang melalui perilaku hidup yang mengasihi dan menghargai semua orang tanpa pandang bulu. Marilah kita menyatakan kasih sayang TUHAN bagi semua orang sehingga kehidupan bersama di dunia ini akan menjadi lebih damai. Kehidupan dunia ini telah dinodai oleh sikap sebagian orang yang cenderung membatasi kasih ALLAH dengan menghakimi dan menyingkirkan orang lain. Oleh karena itu konflik, perang dan terorisme terjadi di mana-mana.  Untuk itu kita dipanggil menjadi umat yang menyatakan kasih ALLAH bagi seluruh kaum dan bangsa. Orang lain akan mengenal kasih ALLAH yang sedang menjangkau dan merangkul mereka bila melihat kehadiran orang beriman yang juga menjangkau dan merangkul seluruh umat manusia tanpa membeda-bedakan.  Mari menjangkau semua orang dari kelompok dan bangsa apapun dengan penuh kasih. Dalam pergaulan bersama orang lain yang berbeda-beda kita dipanggil untuk merangkul daripada memukul, mengampuni daripada membenci, menghargai daripada menghakimi, memberi kesempatan bertobat daripada menyingkirkan.

Refleksi
Dalam keheningan ingatlah apakah Anda pernah membenci orang lain yang berbeda agama atau suku bangsa? Apakah Anda memandang rendah mereka? Ataukah Anda selalu mau berteman dan bekerjasama dengan siapa saja sekalipun mereka berbeda agama atau suku bangsa?

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku untuk menyatakan kasih sayangmu bagi semua orang dengan bersahabat dan menjadi berkat bagi orang lain yang berbeda kelompok, agama dan suku bangsa.

Tindakanku
Hari ini aku akan menyapa, memberi perhatian dan mendoakan teman atau kenalan yang berbeda kelompok, agama dan suku bangsa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«