suplemenGKI.com

Rabu, 19 Juli 2017

18/07/2017

Bacaan : Mazmur 86 : 1 – 10

Tema : Berdoa dalam permohonan dan kepercayaan

PENGANTAR

Doa adalah berbicara dengan Tuhan Allah dari hati ke hati. Kita bisa mengungkapkan semua isi hati kita, baik keluh kesah kita karena persoalan, penderitaan maupun pergumulan kita kepada Allah. Kita juga bisa mengungkapkan perasaan dan kepercayaan kita kepada Tuhan melalui doa. Kali ini pemazmur mengajak kita belajar mengungkapkan doa baik dalam bentuk permohonan maupun pengakuan percaya.

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana pemazmur menaikkan doa permohonannya kepada Tuhan ? ( ayat 1-5 ).
  2. Bagaimana pemazmur menyatakan doa kepercayaannya kepada Tuhan ? ( ayat 6-10 ).
  3. Bagaimana saudara menaikkan doa ?

Dalam doanya pemazmur menyatakan dirinya sebagai orang yang sengsara dan miskin (ayat 1). Orang yang sengsara dan miskin biasanya tidak mendapat tempat dan perhatian dimata masyarakat. Juga tidak ada yang peduli kepadanya. Untuk itulah dalam doanya pemazmur meminta pertolongan Tuhan sekaligus perhatian dan kepedulian dari Tuhan. Selain itu pemazmur memohon kepada Tuhan untuk menyelamatkan jiwanya (ayt 2). Pemazmur melihat dirinya sebagai milik Tuhan sehingga ia menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Ia terus-menerus dengan tiada henti berdoa kepada Tuhan agar kembali dibebaskan dari penderitaan, sehingga ia dapat kembali bersukacita.

Disisi lain, dalam doanya pemazmur menyatakan kepercayaannya kepada Tuhan yang penuh kasih setia. Pemazmur mengungkapkan bahwa hanya Tuhanlah yang sanggup melakukan keajaiban-keajaiban dalam karya pembebasan dari penderitaan. Pengungkapan sepeti itulah yang dapat membangun kedekatan pemazmur dengan Tuhan.

Semestinya dalam berdoa, kita juga seperti keyakinan pemazmur. Namun seringkali dalam berdoa kita cenderung hanya memohon berkat, diberi kesehatan yang prima, perlindungan, keluar dari masalah, pekerjaan dan yang lainnya. Sangat jarang sekali umat percaya berdoa menyatakan kepercayaannya kepada Tuhan, padahal hal itu sangat penting. Oleh sebab itu melalui pengalaman pemazmur ini kita diajar untuk menaikkan doa kepercayaan kepada Tuhan Khalik alam semesta. Marilah kita belajar seperti pemazmur.

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening sejenak untuk merenungkan : Apakah saudara menaikkan doa permohonan saja ? atau juga menaikkan doa kepercayaan kepada Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan peliharalah hidupku dengan berkat-Mu, karena aku percaya bahwa Engkau adalah Tuhan Allah sang pemilik kehidupan.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan menaikkan doa permohonan dan doa pengakuan percaya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*