suplemenGKI.com

KRISTUS SEBAGAI DASAR PEMBANGUNAN KARYA PELAYANAN

 

1 Korintus 3 : 10 – 11, 16 – 23 

 

Pengantar
Dalam sebuah pembangunan rumah atau gedung tentu dibutuhkan pondasi atau dasar tumpuan yang kuat dan yang pertama-tama harus ada. Lalu bagaimana dengan penggambaran jemaat sebagai bait ALLAH, apa dasar tumpuannya, yang olehnya bagian lain dibangun di atasnya ? Walaupun pada akhirnya justru yang terlihat adalah bagian bangunan yang lain tapi tidaklah berarti hal-hal itu menjadi alasan untuk bermegah diri. Bahkan tidak hanya dasar tumpuan yang diberikan ALLAH kepada jemaat-NYA tapi juga Roh ALLAH yang diam di dalamnya. Karena itu mari kita perhatikan dan merenungkan bagian Alkitab yang kita baca pada hari ini.  

Pemahaman
Ayat 10 – 11         :  Siapa dasar utama dari pembangunan karya pelayanan ?
Ayat 16 – 17         :  Apa arti ucapan Paulus bahwa Jemaat adalah bait ALLAH ? dan apa pengaruhnya ?
Ayat 18 – 23         :  Mengapa jangan ada orang yang memegahkan diri ?

Dasar utama dari pembangunan seluruh karya pelayanan adalah TUHAN YESUS Kristus, dan di atas dasar utama inilah seluruh karya pelayanan dibangun secara berkelanjutan. Tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya.

Dengan menyatakan bahwa jemaat adalah bait ALLAH, maka Paulus ingin menegaskan bahwa kehidupan jemaat Korintus tidak bergantung kepada dirinya, atau Kefas, atau Apolos tetapi kepada Roh ALLAH yang diam dalam kehidupan mereka. Dan karena itu ALLAH akan menjaga dan melindungi mereka.

Karena umat TUHAN adalah bait ALLAH dan Roh ALLAH diam di dalamnya maka jangan ada seorangpun yang bermegah dalam pelayanannya, apalagi mengandalkan hikmat dunia. Dalam ayat 23 dikatakan bahwa jemaat adalah milik Kristus, dan Kristus adalah milik ALLAH. Ini berarti Kristus dan ALLAH yang harus dipermuliakan.

Refleksi
Bagaimanakah selama ini kita mendasarkan setiap karya pelayanan yang dibangun? Apakah dengan Kristus sebagai dasarnya atau justru kita lebih mengandalkan modal kekuatan dan kemampuan diri sendiri sebagai tumpuannya?

Tekad
Ya TUHAN, biarlah karya pelayanan kami dibangun di atas dasar Kristus yang membuat kami beroleh ketahanan dan kekuatan untuk tetap terpelihara secara baik dan selalu dipimpin oleh Roh Kudus yang TUHAN berikan di dalam hidup kami.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan berupaya untuk mengawali semua karya pelayanan dengan mendasarkan sepenuhnya pada pribadi Kristus dan penyertaan Roh Kudus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*