suplemenGKI.com

Rabu, 19 April 2017

18/04/2017

1 Petrus 1:8-12

BAGAIMANA ANDA MENGENAL YESUS?

PENGANTAR
Bagaimana Anda dapat menjadi seorang Kristen? Bagaimana Anda mengenal Yesus Kristus dan percaya kepada-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat Anda? Jawaban atas pertanyaan ini bisa sangat beragam. Mungkin, sebagian dari kita telah menjadi Kristen ”sejak dalam kandungan” karena kita lahir dalam sebuah keluarga Kristen. Atau, kita menjadi Kristen karena ”secara kebetulan” bersekolah di sekolah Kristen. Atau, kita menjadi Kristen karena menikah dengan orang Kristen. Atau, kita menjadi Kristen karena berita Injil yang kita dengarkan dalam sebuah Kebaktian Kebangunan Rohani. Dan, tentu saja, masih ada banyak jawaban lainnya. Tuhan bekerja dengan cara-Nya yang unik agar keselamatan yang dianugerahkan-Nya melalui Yesus Kristus itu dapat sampai kepada kita. Apapun cara yang Tuhan pakai, kita patut bergembira dan bersukacita atas keselamatan yang kita terima. Siapapun yang Tuhan pakai, kita patut berterima kasih kepada mereka yang telah menyampaikan berita keselamatan itu kepada kita.

PEMAHAMAN

  • Ay. 8-9. Dari ayat-ayat ini, apa yang dapat kita pelajari tentang iman dan kasih kita kepada Yesus Kristus?
    • Ay. 10-12. Dari ayat-ayat ini, apa yang dapat kita pelajari mengenai peranan para nabi dalam karya keselamatan yang dikerjakan Allah bagi kita? Apa saja peranan mereka?

Sama seperti para pembaca surat Petrus pada waktu itu, kita semua yang hidup di zaman ini juga belum pernah melihat dan bertemu langsung dengan Yesus Kristus. Namun, dengan berbagai cara yang unik, kita percaya kepada-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. Dan, kita semua bersukacita atas keselamatan yang kita terima. Apa yang dapat kita simpulkan mengenai kenyataan ini?Iman dan kasih kita kepada Yesus Kristus tidaklah bergantung pada penglihatan atau pengalaman pribadi kita. Jika kita percaya kepada Yesus Kristus dan mengasihi-Nya, maka itu adalah anugerah bagi kita (bandingkan dengan Yoh. 20:29). Karena itulah, sebagai orang-orang yang telah diselamatkan, kita bergembira dan bersukacita.

Namun, kita tidak boleh lupa bahwa para nabi mempunyai peranan penting dalam karya keselamatan yang dikerjakan Allah bagi kita. Mereka menyelidiki dan meneliti (yaitu, mempelajaridengan penuh kesungguhan dan kehati-hatian) karya keselamatan Allah itu, sehingga kita dapat mengenal kasih karunia Allah melalui nubuat-nubuat yang mereka sampaikan. Mereka melakukan semua itu bukan demi diri mereka sendiri, melainkan demi kita semua yang hidup di masa kini. Mereka adalah pelayan-pelayan keselamatan yang diutus oleh Roh Kudus untuk memberitakan Injil bagi kita.Melalui kerja keras dan ketulusan hati mereka, Injil diberitakan dan menjangkau kita semua.

REFLEKSI
Selain bergembira dan bersukacita atas keselamatan yang telah kita terima, kita juga harus berterima kasih kepada orang-orang yang telah dipakai Tuhan untuk memberitakan Injil kepada kita.

TEKADKU
Tuhan, aku bersyukur atas anugerah keselamatan yang Engkau berikan kepadaku. Aku juga bersyukur atas orang-orang yang Engkau utus untuk memberitakan Injil kepadaku.

TINDAKANKU
Dalam seminggu ini aku akan mendoakan orang-orang yang telah memberitakan Injil dan memperkenalkan Yesus kepadaku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«