suplemenGKI.com

ALLAH PEDULI

Mazmur 113:4-9

 

Pengantar
Apakah saudara pernah menghitung dan mencatat tindakan Allah yang menunjukkan kepeduliannya dalam hidup saudara? Tampaknya jika kita berbicara tentang kepedulian Allah dalam hidup kita, selembar kertas pun tak akan muat untuk menuliskannya. Mengapa demikian? Kepedulian Allah dalam hidup kita sesungguhnya terjadi setiap saat, kapanpun dan di manapun kita berada. Bahkan ketika kita mengalami pergumulan yang sangat berat dan menghimpit, Allah peduli dan tidak membiarkan kita berjalan sendiri. Saudara renungan hari ini akan mengajak kepada kita untuk mengingat dan merasakan kepedulian Allah kepada umat-Nya.

Pemahaman

  • Ayat 4             : Bagaimanakah pemazmur menggambarkan kemuliaan Tuhan ?
  • Ayat 7-9         : Apa yang dilakukan Tuhan bagi umat-Nya?

Pemazmur menggambarkan kemuliaan Tuhan tinggi mengatasi segala bangsa dan tinggi mengatasi langit (ayat 4). “Kemuliaan Tuhan tinggi mengatasi segala bangsa”, mengungkapkan bahwa betapapun hebat dan megahnya para penguasa bumi, tetaplah kebesaran Tuhan lebih tinggi mengatasi kemegahan mereka. “Kemuliaan Tuhan tinggi mengatasi segala langit”, mengungkapkan bahwa tahta kemuliaan-Nya berada di tempat yang tertinggi, bahkan lebih tinggi mengatasi para malaikat. Kecemerlangan para malaikat tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kecemerlangan-Nya. Kemuliaan dan kebesaran Tuhan mengatasi apa yang malaikat kerjakan, sebab malaikat berada di bawah perintah-Nya.

Tuhan yang kemuliaan-Nya tinggi mengatasi segala bangsa dan langit, memperhatikan bumi beserta segala isinya. Ia memberikan penghormatan kepada orang-orang yang terhina, tertindas oleh karena kemiskinan dan kelemahan mereka (ayat 7-8) dan memberikan keturunan kepada ibu-ibu yang dikatakan mandul dan tersakiti hatinya (ayat 9). Allah yang Maha Tinggi itu mau merendahkan diri untuk peduli dan memperhatikan segala kesengsaraan umat-Nya. Ia menggantikan kesengsaraan itu dengan berkat sukacita yang dapat membuat bangsa lain takjub dan terheran-heran akan kebesaran-Nya. Sukacita yang Ia berikan, mampu menghapuskan segala air mata penderitaan umat-Nya. Kepedulian Allah itu tanpa batas dan memberikan kelegaan pada umat-Nya.

Refleksi
Bentuk kepedulian yang Allah berikan beragam bentuknya, baik dalam kehidupan bersama keluarga, pelayanan, pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. Apa yang saudara lakukan ketika merasakan cinta kasih dan kepedulian-Nya? Bersyukur dan merasa lega saja ataukah bersyukur lalu meneruskan kasih Allah itu pada sesama? Tindakan konkret (nyata) apakah yang saudara sudah lakukan sebagai wujud kepedulian terhadap orang-orang sekitar yang membutuhkan uluran tangan kasih dan rangkulan seorang sahabat dalam hidupnya? 

Tekad
Ya Tuhan, terimakasih atas kasih dan perhatian-Mu dalam hidupku. Mampukanku untuk menjadi alat-Mu yang juga menyalurkan kasih dan kepedulian bagi orang-orang di sekitarku.

Tindakan
Hari ini aku akan meluangkan waktuku untuk mendatangi salah seorang rekan kerja/sekolah/pelayanan/anggota keluarga  (pilihlah salah satu) yang sedang menghadapi pergumulan dan bersedia untuk mendoakan serta menguatkannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*