suplemenGKI.com

ADA ASA DALAM KUASANYA

Efesus 1 : 15 – 23             

Pengantar
Karena sering dan senang bermain (otak-atik) kata atau huruf, maka saya memanjangkan kata PANDEMI menjadi: PANdanglah DEngan Mata Iman. Dan dalam bacaan Alkitab kita hari ini, ada kata-kata (kalimat) yang mirip yaitu: menjadikan mata hati mereka terang. Dan kalimat tersebut dipakai Rasul Paulus dalam doanya bagi jemaat di Efesus agar mereka mengerti pengharapan yang terkandung dalam panggilan TUHAN bagi mereka. Maka marilah kita membaca dan memperhatikan Efesus 1 : 15 – 23, untuk menemukan penjelasan tentang bagian doa Rasul Paulus ini.

Pemahaman

Ayat  15 – 19       :  Apa permintaan Rasul Paulus kepada TUHAN bagi jemaat di Efesus?

Ayat  20 – 23       :  Pengharapan (asa) apa yang terkandung dalam panggilan TUHAN bagi orang percaya?

Dalam ayat 17 dan 18, dituliskan bahwa Rasul Paulus meminta kepada TUHAN agar memberikan Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal ALLAH dengan benar bagi jemaat di Efesus dan juga supaya TUHAN menjadikan mata hati mereka terang, agar mereka mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan ALLAH.

Jadi memang penting untuk mengenal TUHAN dengan benar dan mengerti tentang pengharapan yang terkandung dalam panggilan TUHAN. Dan kali ini kita akan lebih berfokus pada hal pengharapan yang saya bahasakan/istilahkan dengan kata ‘asa’, agar berpadanan (ada kemiripan bunyi) dengan kata kuasa, yang kemudian menjadikan renungan hari ini berjudul: Ada Asa dalam Kuasa-NYA.

Bahwa asa yang terkandung dalam panggilan ALLAH itu ada dua, sebagaimana tertera dalam ayat 18 dan 19, yaitu: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan ALLAH bagi orang-orang kudus dan betapa hebat kuasa ALLAH bagi orang yang percaya.

Dan pada ayat 20-23 dijelaskan bahwa kuasa ALLAH itu seperti kuasa hebat yang dipakai untuk membangkitkan kembali dan mendudukkan Kristus di sebelah kanan-NYA di sorga, sehingga kedudukan Kristus, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang.

Dan Kristus yang berkedudukan mahatinggi ini telah diberikan ALLAH kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Di mana Jemaat yang adalah tubuh Kristus akan disempurnakan oleh Kristus yang juga menyempurnakan segala sesuatu di mana pun juga. Inilah yang dimaksud dengan kemuliaan bagian yang ditentukan ALLAH bagi orang-orang kudus.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita tetap memiliki pengharapan (asa) dalam kuasa TUHAN?
  • Apakah kita juga memohonkan hal yang serupa bagi sesama kita? 

 

Tekadku
Ya ALLAH, jadikan aku tetap hidup berpengharapan dalam kuasa-MU. 

Tindakanku
Dalam situasi pandemi, dan juga di waktu selanjutnya, saya akan mendoakan sesama agar juga memiliki pengharapan (asa) dalam kuasa TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*