suplemenGKI.com

Rabu, 18 Juli 2018

17/07/2018

Mazmur 23:1-4

TUHAN ADALAH GEMBALAKU

 

Pengantar
Mazmur 23 merupakan salah satu Mazmur pujian yang sangat terkenal. Mazmur 23 seringkali dinyanyikan dalam berbagai acara peribadahan. Mazmur puji-pujian yang sangat indah. Mazmur puji-pujian ini menggambarkan adanya pengalaman iman yang kuat dari Daud. Perjalanan kehidupan Daud tentu tidak semulus yang dibayangkan. Kehidupan Daud juga dipenuhi oleh berbagai tantangan dan persoalan. Apalagi ketika Daud menjadi seorang raja. Tidak sedikit persoalan yang dihadapinya.

Pemahaman

Ayat 1-4               Pengakuan apakah yang disampaikan Daud dalam nyanyiannya?

Pengalaman hidup Daud telah memperlihatkan bahwa tanpa campur tangan Allah maka ia tidak akan mampu melewati waktu demi waktu kehidupannya yang penuh pergumulan. Bagi Daud, Allah adalah Gembala. Gembala yang baik, yang senantiasa menyertai kehidupan Daud.

Dalam nyanyiannya, Daud juga memperlihatkan bagaimana peranan Allah dalam kehidupannya. Kata ‘membimbing’ dan ‘menuntun’ memperlihatkan bahwa sebagai Gembala, Allah telah memandu perjalanan kehidupan Daud yang penuh lika liku. Allah telah mengarahkan langkah kehidupan Daud menuju kebaikan (ayat 2-3)

Berbagai persoalan yang dihadapi Daud telah memperkuat kepercayaan Daud kepada Allah. Disaat Daud harus berhadapan dengan lawan-lawannya, Daud tidak takut. Sebab Daud percaya bahwa Allah tidak akan meninggalkan dirinya (ayat 4).

Melalui pengalaman kehidupan Daud, umat hendak diajak untuk merenungkan kembali perjalanan kehidupannya. Adakah umat sampai pada satu keyakinan yang sama seperti yang dimiliki Daud bahwa apapun yang dihadapi umat, Allah tidak pernah meninggalkan umat-Nya. Bahwa Allah terus menyertai dan memimpin kehidupan umat dari hari lepas hari dan dari waktu ke waktu.

Refleksi
Sudahkah Allah menjadi gembala dalam kehidupan kita? Sudahkah kita menyaksikan kebaikan Allah dalam kehidupan kita? Sudahkah kita menghayatinya dan merefleksikannya?

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami untuk selalu mengingat kebaikan-Mu dan selalu bersyukur. Jadilah gembala atas diri kami dan hidup kami

Tindakanku
Selalu bersyukur dalam segala hal. Tekun bersaat teduh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«