suplemenGKI.com

KABAR BAIK BAGI MILIK KRISTUS

Roma 1 : 1 – 7  

Pengantar
Jika kita memiliki sebuah benda yang kita sayangi, maka kita akan menjaganya dengan sebaik mungkin. Jika yang disayangi adalah sebuah benda, maka tidak ada proses aktif dari benda tersebut kepada sang pemiliknya. Benda itu hanya mendapatkan proses keaktifan dari sang pemiliknya. Tapi bagaimana dengan seseorang yang menjadi milik Kristus. Apakah ia akan menjadi pribadi yang pasif saja, atau ada proses aktif yang perlu ada dalam dirinya? Marilah kita membaca surat Roma 1 : 1 – 7  agar kita dapat memperoleh gambaran tentang hidup sebagai milik Kristus yang juga ditandai dengan adanya panggilan dan pengudusan hidup, seiring dengan penyertaan aktif TUHAN yang nyata senantiasa.

Pemahaman
Ayat 1 – 4            :  Bagaimana isi kesaksian rasul Paulus tentang TUHAN YESUS Kristus?
Ayat 5 – 7            :  Bagaimana keberadaan rasul Paulus dan orang percaya sebagai milik Kristus?

Rasul Paulus menyatakan bahwa ia adalah hamba TUHAN YESUS Kristus yang dipanggil menjadi rasul dan dikuduskan untuk memberitakan Injil ALLAH, yaitu Kabar Baik tentang kedatangan Anak-NYA yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud dan menurut Roh Kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-NYA dari antara orang mati, bahwa TUHAN YESUS Kristus adalah Anak ALLAH yang berkuasa.

Rasul Paulus juga menyatakan bahwa dengan perantaraan TUHAN YESUS Kristus, ia menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa, supaya mereka percaya dan taat kepada nama TUHAN. Ia menyatakan bahwa setiap orang yang percaya kepada Kristus telah dipanggil menjadi milik Kristus.

Dan umat milik Kristus yang tinggal di Roma, yang dikasihi ALLAH juga dipanggil dijadikan orang-orang kudus. Mereka mendapatkan kasih karunia serta damai sejahtera dari ALLAH Bapa dan TUHAN YESUS Kristus dalam segala keadaan.

Penekanan pada pernyataan “menjadi milik Kristus”, menjadi suatu kekuatan iman (Kabar Baik) bagi jemaat di Roma maupun bagi kita di masa kini dan masa yang akan datang dalam menghadapi setiap tantangan hidup, sebab TUHAN Sang Pemilik kita, beserta senantiasa dengan kuasa-NYA.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita telah merasakan panggilan TUHAN (Kabar Baik) yang menjadikan kita milik-NYA?
  • Apakah kita menyadari bahwa panggilan menjadi milik-Nya juga disertai pengudusan hidup kita? 

Tekad
Ya ALLAH, buatlah aku menyadari panggilan TUHAN dan mengalami proses pengudusan sebagai milik Kristus.

 

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan berusaha hidup dalam kekuatan iman sebagai milik Kristus yang senantiasa berusaha menjaga kekudusan hidup.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*