suplemenGKI.com

Mazmur 80:17-19

 

RESPONS ATAS PEMULIHAN DAN KESELAMATAN DARI TUHAN

 

Pengantar
Jika seseorang dipulihkan oleh Tuhan dari sakit penyakit yang pernah dideritanya, dari teterpurukan akibat dosa yang diperbuatnya atau dari berbagai masalah yang pernah dialaminya, sikap apakah yang paling tepat sebagai respons atas pertolongan TUHAN atas dirinya? Apakah ia hanya bersyukur sesaat dan kemudian melupakan semuanya ataukah ia bertekad untuk tidak akan pernah hidup menyimpang dari jalanNya dan akan senantiasa memuliakan namaNya (Mazmur 80:18)?

Pemahaman
-          Ayat 17         : Siapakah yang dimaksud dengan “orang yang di sebelah kananMu”?  Siapa pula yang dimaksudkan dnegan “anak manusia yang Kau teguhkan bagi diriMu?

-          Ayat 18         : Apakah yang dimaksud “kami tidak akan menyimpang dariMu”? Bagaimana sebaiknya mewujudkan tekad: “kami akan menyerukan nama-Mu”?

Tuhan Yesus Kristus, Sang Imanuel, sering digambarkan sebagai Anak Manusia yang berada di sebelah kanan Allah Bapa (Mazmur 110:1). Ia juga ditinggikan olehTangan Kanan Allah Bapa (Kisah Para Rasul 2:33). Semua kuasa di langit dan di bumi diberikan kepadaNya oleh Allah Bapa (Matius 28:18).  Di dalam Dia terletak segala hikmat, pengetahuan, dan bahkan kekuatan kita.

Ia yang akan memelihara kita dan memampukan hidup kita berbuah, asalkan sebagai ranting kita melekat erat pada Sang Pokok Anggur yang benar. Ia pula yang telah menebus kita. Atas penebusan yang telah dilakukanNya bagi kita, seharusnya kita melakukan pekerjaan pelayanan bagi Dia dan tidak kembali pada dosa-dosa lama kita. Dengan itu kita juga menjadi “anak manusia” yang diteguhkanNya dan senantiasa berada di dalam perlindungan tangan kuasaNya.

Refleksi
Sudahkah aku meresponi dengan benar semua karya penyelamatan Tuhan dalam hidupku?

Tekad
Aku mau melekat erat seperti ranting pada pokok anggur yang benar, yaitu Kristus, agar hidupku berbuah

Tindakan
Sebagai rasa syukur atas pemulihan dan keselamatan dari Tuhan, aku melayani dengan segenap hati seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*