suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 105 : 1-6, 37-45.

“Bersyukurlah kepada Tuhan”

PENGANTAR
Mazmur 105 ini disebut sebagai Mazmur sejarah, karena Mazmur ini menceritakan kembali sejarah keselamatan yang dilakukan Tuhan kepada umatNya. Dengan mengingat sejarah, pemazmur berharap Israel memahami siapa dirinya dihadapan Tuhan dan bagaimana kasih Tuhan dinyatakanNya, sehingga mereka bisa bersyukur kepada Tuhan.

PEMAHAMAN.
1. Mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan ? (ayt 1-6)
2.Apa yang dilakukan Tuhan bagi umatNya ? (ayt 37-42)
3. Pemazmur mengajak umat melakukan apa ? (ayt 43-45)

Mazmur ini diawali dengan nyanyian pujian kepada Tuhan, dengan seruan , “Bersyukurlah kepada Tuhan sebab IA baik”. Kebaikan Tuhan telah ditunjukkan  melalui kasih setiaNya yang tak terbatas kepada umatNya, bahkan ketika umat melakukan tindakan yang salah (dosa) sekalipun, Tuhan tetap menunjukkan kasih setiaNya. (ayt 6). Dalam banyak hal dan dalam segala sesuatu Tuhan telah menunjukkan kasih setiaNya kepada umatNya.

Sejarah mencatat bahwa Tuhan telah melepaskan bangsa Israel dari mesir. Tuntunan Tuhan mendatangkan sukacita bagi umatNya. Perlindungan Tuhan melalui tiang awan di waktu siang dan tiang api diwaktu malam menandakan kehadiran Tuhan. Sekalipun kehadiranNya tersembunyi  namun dengan tiang awan dan tiang api tersebut perjalanan Israel menjadi nyaman. Dalam perjalanan ke tanah perjanjian itupun banyak mujizat-mujizat terjadi, seperti datangnya Manna dan burung puyuh  juga air sebagai wujud pemeliharaan Tuhan bagi umatNya. Pemazmur juga mengingatkan umat bahwa Tuhan telah berjanji kepada Abraham bahwa Tuhan akan memberikan bangsa-bangsa dan negri-negri bagi Israel. Hal itu hendak menyatakan bahwa Tuhan itu baik. Karena Tuhan itu baik maka pemazmur mengajak umat untuk menyerukan Pujian Halleluya. Dalam memuji Tuhan pemazmur mengajak umat untuk bersukacita, bergembira karena keselamatan dari Tuhan.

Sebagai orang percaya, kita juga diingatkan akan kebaikan Tuhan, bahwa Tuhan telah menyelamatkan kita dari kuasa maut. IA telah menuntun perjalanan iman kita dan telah melakukan kebaikan-kebaikan yang tak terkira kepada kita. Oleh sebab itu kita perlu mengucap syukur dan memuji Tuhan. amin.

REFLEKSI.
Ambillah saat hening sejenak ! apakah anda merasakan kebaikan Tuhan ?  jika Tuhan sudah melakukan kebaikan kepada anda, apa yang harus anda lakukan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, sesungguhnya saya telah merasakan kebaikanMU, Engkau telah menyelamatkanku, memberkatiku, memimpinku. Biarlah sekarang saya memujiMU.

TINDAKANKU
Tidak ada kata yang paling tepat dan tindakan yang bijak untuk membalas kebaikan Tuhan selain dari Bersykur dan memuji Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*