suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 91 : 1 – 8.

Tema : Aman Dalam Lindungan Tuhan.

PENGANTAR.
Semua orang tanpa kecuali ingin merasa dirinya aman. Namun banyak orang ingin merasa aman dengan cara yang salah. Ada orang yang ingin aman dengan menyewa bodyguard, kemana-mana di kawal bodyguard. Ada yang ingin merasa aman dengan datang ke dukun agar mendapat perlindungan dari kuasa-kuasa lain atau jin-jin. Ada yang ingin aman dengan membawa jimat-jimat. Ada yang merasa aman kalau mempunyai uang atau kekayaan  yang banyak sampai tujuh turunan. Namun semua itu adalah perasaan aman yang semu dan tidak bisa menjamin rasa aman yang sesungguhnya. Renungan hari ini akan menjawab bagaimana kita memiliki rasa aman yang sesungguhnya.

PEMAHAMAN.

  1. Kapan saja Allah melindungi kita ? ( ayat 1-2 )
  2. Dari hal apa saja kita dilindungi ? ( ayat 3-5 )
  3. Bagaimana cara Allah melindungi kita ? (4,9,11 )

Perlindungan Tuhan berarti Tuhan sebagai tempat atau naungan agar memperoleh perasaan aman dan nyaman dan dijauhkan dari ancaman dan malapetaka. Kalau begitu setiap umat pasti sangat membutuhkan perlindungan Tuhan. Pada saat kita bekerja, beraktifitas kita butuh perlindungan Tuhan. Namun pada waktu kita duduk, berjalan bahkan tidur kita juga membutuhkan perlindungan Tuhan. Pada pagi, siang, sore dan malam kita juga membutuhkan perlindungan Tuhan. Dan Tuhanpun selalu menyatakan perlindungan-NYA kepada umat percaya ( ay 1-2). Perlindungan dari hal apa saja ? Pertama : Perlindungan dari Jerat perangkap burung (3). Ada banyak cara untuk menangkap burung dengan perangkap agar burung masuk jebakan yang kita sediakan. Iblis juga seperti itu, ia memberi umpan yang menarik agar kita jatuh dalam dosa. Kalau kita terperangkap maka kita menjadi tawanan iblis. Untuk itu mintalah perlindungan Tuhan agar kita diberi hikmat untuk membedakan antara umpan dan berkat. Kedua : Perlindungan dari penyakit sampar yang busuk (3,6).  Sampar berbicara masalah wabah penyakit. Apa yang menjadi wabah penyakit sekarang, yang sangat menakutkan. Barangkali penyakit kanker atau yang lainnya. Percayalah bahwa Tuhan kita sanggup melindungi dari wabah penyakit apapun. Ketiga : Perlindungan dari panah yang terbang di siang hari (5). Walaupun kita tidak punya musuh namun perlu diketahui bahwa ada orang yang iri/tidak senang dengan kita dan ingin menjatuhkan kita dan memfitnah kita. Dalam hal inipun Tuhan melindungi kita.

Yakinlah bahwa perlindungan Tuhan itu nyata. Pemazmur menyatakan bahwa perlindungan Tuhan itu dinyatakan melalui kepak sayap-Nya (4), Malaikat-malaikat-Nya, (11) bahkan Tuhan sendiri menyatakan sebagai tempat perlindungan (9). Percayalah dan serahkanlah setiap langkah hidupmu hanya kepada Tuhan.

REFLEKSI.
Marilah kita merenungkan : setujukah saudara bahwa saudara membutuhkan rasa aman? bagaimana cara saudara mendapatkan rasa aman ? kepada dunia atau kepada Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya untuk dapat menaruh semua harapan rasa aman saya hanya kepada-Mu.

TINDAKANKU.
Setiap hari saya harus berdoa menyerahkan setiap langkah hidup saya kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«