suplemenGKI.com

Rabu, 17 Maret 2021

16/03/2021

Yohanes 8:12-20

JADILAH TELADAN SEPERTI KRISTUS

 

Pengantar
Seorang buta sedang berjalan dengan tongkatnya di malam hari.
Tangan kanannya memegang tongkat, sementara tangan kirinya membawa lampu.
Pemandangan ini mengherankan bagi seorang pria yang kebetulan melihatnya.
Karena penasaran, pria itu bertanya, “Mengapa anda berjalan membawa lampu?”
Orang buta itu menjawab, “Sebagai penerangan”.
Dengan heran pria i?u bertanya lagi,“Tetapi, bukankah anda buta dan tetap tidak bisa melihat jalan meski ada lampu penerangan?”
Orang buta itu tersenyum sambil menjawab,“Meski saya tidak bisa melihat, orang lain melihatnya. Selain membuat jalanan menjadi terang, hal ini juga menghindarkan orang lain untuk tidak menabrak saya…”
Dalam bacaan hari ini Yesus menyatakan diri-Nya sebagai terang dunia. Hal ini tentu merupakan ucapan bahagia bagi para pengikut-Nya namun mengundang kegelisahan dari pihak lain, khususnya mereka yang sangat memusuhi Yesus. Apakah yang Yesus maksudkan bahwa diri-Nya adalah terang dunia ?

Pemahaman
Ayat 12 – 14      Pernyataan apakah yang disampaikan Yesus ? Bagaimanakah reaksi orang-orang Farisi yang mendengarnya ?
Ayat 15 – 20      Bagaimanakah tanggapan Yesus tentang sikap menghakimi yang ada dalam diri imam Farisi dan ahli Taurat ?

Teks bacaan tidak dapat dilepaskan dari bagian sebelumnya  yang menceritakan situasi di Bait Allah saat Yesus sedang mengajar kepada banyak orang. Sekelompok imam dari golongan Farisi dan ahli-ahli Taurat membawa seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. Mereka meminta pendapat Yesus mengenai sikap yang harus diambil terkait perbuatan perempuan tersebut. Yesus menyadari sepenuhnya bahwa disatu sisi DIA sedang dicobai dan disisi lain Yesus menyadari bahwa ada pemahaman yang keliru tentang bagaimana seorang beriman kepada Allah seharusnya menjalani kehidupannya.

Yesus menyampaikan bahwa Dia adalah terang dunia dan siapapun yang mengikut-Nya akan memperoleh terang kehidupan. Secara sederhana Yesus hendak memproklamirkan bahwa diri-Nya adalah terang kehidupan yang akan menuntun dan membimbing siapapun menuju kebenaran agar kehidupan mereka berkenan dihadapan Allah. Hal ini tentu bertentangan dengan pola yang dibangun oleh para imam dan ahli Taurat yang lebih senang menghakimi.

Yesus mengecam tindakan para imam yang cenderung mudah menghakimi ketimbang menjadi teladan bagi banyak orang. Bahkan mereka pun menghakimi Yesus. Hal inilah yang hendak dipersoalkan. Para imam dan ahli-ahli Taurat seharusnya memperlihatkan bagaimana umat Allah harus hidup dalam rangka memperlihatkan iman percayanya kepada Allah. Seharusnya mereka memberikan contoh dan keteladanan ketimbang menjadi hakim seolah mereka lebih baik dan lebih kudus ketimbang orang lain.

Sikap para imam Farisi dan ahli Taurat mewakili sikap iman kebanyakan orang di masa lampau dan juga di masa sekarang. Umat lebih sering menempatkan dirinya sebagai hakim ketimbang menjadi seorang yang memberi teladan atau contoh. Dalam kehidupan keluarga, persekutuan dan masyarakat, umat dikehendaki menjadi terang. Itu berarti harus memperlihatkan keteladanan ketimbang hanya menilai dan menghakimi.

Refleksi
Dunia penuh dengan kegelapan. Banyak orang hidup dalam dosa. Berbagai tindakan kekerasan, kebencian, permusuhan terjadi dimana-mana, tidak hanya di masyarakat tetapi juga terjadi dalam keluarga dan persekutuan. Yesus telah mengajarkan dan mendorong setiap orang menjadi terang dalam kehidupannya. Itu berarti setiap orang dituntut menjadi teladan bukan sebagai penilai atau hakim atas kehidupan orang lain.

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami menjadi pribadi-pribadi yang selalu memiliki kerendahan hati. Ajar kami untuk selalu melihat dan mengoreksi diri kami sehingga kami terus memperbaiki diri kami dan menjadi teladan bagi orang lain.

Tindakanku
Setiap hari mengambil waktu 5-10 menit melakukan evaluasi diri. Melihat hal-hal yang kurang pada diri dan berkomitmen memperbaiki di hari esok. Memperlihatkan sikap-sikap positif dalam keluarga dan persekutuan serta masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«