suplemenGKI.com

FIRMAN TUHAN ITU TERUS DIHIDUPI DAN DIBERITAKAN

2 Timotius 3: 14 – 4 : 5 

 

Pengantar
Kehidupan yang baik tentu bersumber dan terpelihara oleh sesuatu yang baik juga. Dan jika kita meyakini bahwa TUHAN adalah Sang Mahabaik, maka kita akan berusaha untuk hidup dalam tuntunan firman TUHAN. Bahkan jika kita diberi kepercayaan atau kesempatan untuk memberitakan firman TUHAN maka tentu perlu kesiapan diri yang baik, sebab sesuatu yang baik, juga harus berproses secara baik. Maka marilah kita membaca surat 2 Timotius 3 : 14 – 4 : 5 agar kita dapat memperoleh bekal tentang bagaimana proses hidup yang dibimbing firman TUHAN dan juga untuk hidup sebagai seorang pemberita firman TUHAN yang baik. 

Pemahaman
Pasal 3 ayat 14 – 17          :  Bagaimana proses hidup yang dibimbing firman TUHAN?
Pasal 4 ayat   1 – 5            :  Bagaimana kehidupan seorang pemberita firman TUHAN?

Proses hidup yang dibimbing firman TUHAN haruslah didasari oleh kesediaan dan kesetiaan untuk berpegang pada kebenaran yang telah diterima dan diyakini, sebagaimana yang diajarkan berdasarkan Kitab Suci. Hal ini akan memberi hikmat dan menuntun kita kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus YESUS, di mana segala tulisan yang diilhamkan Allah adalah bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran, sehingga tiap-tiap manusia kepunyaan ALLAH diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.

Dalam kaitan dengan proses yang penting di atas, maka seorang pemberita Firman diharapkan siap sedia baik atau tidak baik waktunya, untuk menyatakan apa yang salah, menegor dan menasihati dengan segala kesabaran dan pengajaran. Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. Dengan demikian seorang pemberita firman TUHAN harus menguasai dirinya dalam segala hal, sabar menderita dalam melakukan pekerjaan pemberita Injil dan menunaikan tugas pelayanan.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita sedia hidup dibimbing TUHAN menurut firman-NYA?
  • Apabila kita dipercayakan untuk memberitakan firman TUHAN, apakah kita mau memiliki kesiapan diri dalam segala waktu? 

Tekad
Ya ALLAH, buatlah aku menjalani proses hidup yang sungguh dibimbing firman TUHAN dan juga sedia memberitakan firman TUHAN dalam kesiapan yang benar. 

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan berusaha aktif membaca firman TUHAN dan mencoba membagikannya kepada orang lain secara baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«