suplemenGKI.com

Rabu, 16 Mei 2018

15/05/2018

Mazmur 104:2-4, 35

ROH KUDUS MENOLONG UMAT HIDUP BENAR & BERKENAN KEPADA ALLAH

Pengantar
Bagaimanakah manusia menyaksikan keadilan dan kebesaran Allah ? Adakah manusia mengetahui  bahwa Allah tidak pernah berhenti terus bekerja merawat dan memelihara ciptaan-Nya ? Mengapa Allah melakukan semuanya itu?

Mazmur 104 merupakan mazmur yang berisi tentang puji-pujian atas kebaikan Allah yang senantiasa memelihara kehidupan ciptaan-Nya. Mazmur ini sering dikaitkan dengan kisah penciptaan yang terdapat dalam kitab Kejadian 1.

Pemahaman  

Ayat 2-4    Bagaimanakah pemazmur menggambarkan kebesaran Allah ?

Ayat 35      Apakah doa dan harapan pemazmur diakhir pujiannya ?

Pemazmur mengawali nyanyiannya dengan puji-pujian kepada Allah. Kebesaran Allah dalam ciptaan-Nya digambarkan dengan begitu baik oleh pemazmur. Melalui nyanyiannya, pemazmur hendak menyampaikan betapa dasyatnya Allah itu.

Di akhir nyanyiannya pemazmur menaikkan doa dan pengharapan agar tidak ada lagi orang fasik dan berdosa di muka bumi. Kemahakuasaan Allah seharusnya menjadikan manusia takut dan gentar kepada Allah. Itulah sebabnya pemazmur menyampaikan doa dan pengharapan agar semua ciptaan Allah menyadari bahwa Allah adalah pencipta dan pengendali kehidupan sehingga sudah selayaknya dihormati oleh ciptaan-Nya

Pemazmur mengajak umat Allah untuk menyadari keberadaan dirinya. Kasih Allah sudah seharusnya dihayati dan disyukuri. Sikap hidup yang takut akan Allah sudah seharusnya ditunjukkan oleh umat dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pimpinan Roh Kudus umat didorong untuk hidup benar dan sesuai dengan kehendak Allah, Sang Pencipta dan Pemelihara

Refleksi
Dalam keheningan, marilah melihat sudahkah kita bersyukur atas segala kebesaran Allah yang terjadi dalam kehidupan kita? Sudahkah kita sungguh menyadari Allah adalah segalanya di dalam hidup kita? Sudahkah kita menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah sehingga mau hidup benar setiap hari?

Tekadku
Ya Tuhan, mampukanlah kami mensyukuri setiap anugerah-Mu yang sungguh luar biasa  dalam kehidupan kami. Kuatkanlah iman kami sehingga kami sungguh mau taat dan hidup benar sesuai kehendak-Mu.

Tindakanku
Aku mau mencatat setiap pemeliharaan Tuhan setiap hari sehingga aku sungguh bersyukur atas kebaikan yang Tuhan nyatakan dalam hidup. Dan aku mau menyediakan waktu khusus untuk berdoa memohon pertolongan Tuhan agar tidak lupa bersyukur atas kebaikan Tuhan dalam hidup.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»