suplemenGKI.com

Meneladani Kepedulian Maria Terhadap Sesama

Lukas 1:32-33, 50-55

 

Pengantar

Tak diragukan Maria bukan hanya memiliki pengetahuan tentang Tuhan ALLAHnya, namun terutama ia mempunyai pengenalan pribadi denganNya. Bersumber dari itulah, Maria juga memiliki kepedulian yang besar bagi bangsanya. Ia rindu melihat karya Allah bagi pemulihan bangsa Israel. Dua untai puisi dalam lagu pujian Maria menunjukkan hal-hal tersebut. Dalam untaian pertama (Ayat 51-54a), Maria mengungkapkan bagaimana Tuhan mendemonstrasikan kuasa dan kemurahanNya melalui tindakan-tindakan nyata. Selanjutnya dalam untaian kedua (Ayat 54b-55) Maria menyatakan betapa Allah mendemonstrasikan kuasa dan kemurahanNya karenaTuhan mengingat akan perjanjianNya dengan Abraham dan keturunanNya.

 

Pemahaman

- Menurut Saudara siapa yang dimaksudkan oleh Maria dengan “orang yang takut akan Tuhan” (Ayat 50; bdk Kejadian 22:12)?

- Siapa yang dimaksudkan sebagai orang-orang yang congkak hatinya dan siapa pula orang-orang rendah yang ditinggikanNya? (Ayat 51-54a; bdk Keluaran 6:6-7).

- Apa yang dijanjikan Allah dalam konteks menolong Israel, hambaNya, seperti tertulis dalam Ayat 54a? (Ayat 54b-55; bdk Kejadian 12:1-3 dan Mikha 7:20)

 

Abraham adalah orang yang takut (hormat dan taat) akan Allah. Itu dikatakan sendiri oleh Tuhan ALLAH ketika Abraham rela mempersembahkan Ishak, anak tunggal yang diperolehnya dari Tuhan (Kejadian 22:12). Sikap dan tindakan Abraham berkenan di hati Tuhan sehingga Tuhan berjanji menjadikan keturunan Abraham sebagai bangsa yang besar (Kejadian 22:16-18). Dalam perjalanan sejarah berkali-kali bangsa Israel jatuh dalam dosa dan bahkan seluruh umat di dunia telah terbelenggu dalam dosa. Itulah sebabnya kelahiran dan karya Sang Juru Selamat sangat dinantikan.

 

Refleksi

Apakah kita senantiasa merindukan kehadiran Sang Juru Selamat dan memiliki kepedulian seperti Maria agar segala bangsa diselamatkan?

 

Tekad

Aku mau meneladani Maria yang memiliki kepedulian terhadap sesama berdasarkan pengetahuan dan sekaligus relasi pribadi dengan Tuhan ALLAHnya.

 

Tindakan

Lebih giat mendoakan dan ikut terlibat dalam gerakan-gerakan kemanusiaan sebagai kepanjang tangananNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*