suplemenGKI.com

Rabu, 16 April 2014

15/04/2014

BERHARAP AKAN PERJAMUAN TUHAN

Yesaya 25:6-9

 

Pengantar
Apakah yang Saudara rasakan apabila mendapat undangan pesta perjamuan dari seorang tokoh yang terpandang? Pastilah menyenangkan dan membahagiakan.  Apalagi bila TUHAN yang mengundang. Tentu kesempatan itu tidak akan disia-siakan. Itulah kesempatan yang sangat dinanti-nantikan.

Pemahaman
Ayat 6-8 :  Mengapa TUHAN akan menyediakan perjamuan bagi segala bangsa?

Ayat 9  :  Apakah yang dilakukan orang-orang yang telah merasakan  perjamuan TUHAN ?

Bacaan Alkitab hari ini  merupakan bagian dari nyanyian penghiburan di tengah kerusakan dan dosa yang dilakukan bangsa-bangsa di sekitar Israel.  Yesaya menghadirkan pengharapan agar umat TUHAN mengetahui bahwa TUHAN bekerja dalam kehidupan mereka dan akan segera menolong mereka.

Karya baik TUHAN itu digambarkan dalam Perjamuan yang disediakan-Nya. TUHAN menyiapkan perjamuan terbaik di gunung Sion. Suatu perjamuan dengan “anggur yang tua” (Ibr. _shemarim_) secara harfiah artinya “perjamuan keawetan”, mungkin mengacu kepada sari buah anggur yang telah diawetkan untuk jangka waktu yang lama. ALLAH menghapus penderitaan  umatNya dan digantiNya dengan  kesenangan.  Gunung Sion (ayat 6)  merupakan tempat kesenangan dan keselamatan. Ini berarti tangisan dan air mata dihapuskan. Kain kabung  (ayat 7) yang menunjuk pada kematian yang menyelimuti segala suku bangsa akan dikoyakkan TUHAN. TUHAN akan meniadakan kematian dan memberikan kehidupan abadi bagi umatNya. Di gunung Sion inilah pesta sukacita diadakan.  Yesaya menggambarkan  bahwa  bangsa-bangsa lain datang ke Yerusalem, seolah-olah kepada suatu perjamuan besar-besaran.

Pada jaman dulu raja-raja mengadakan pesta dengan mempersembahkan domba atau lembu yang gemuk, berlemak sebagai persembahan bagi TUHAN. Ini merupakan ungkapan kepuasan tidak terhingga karena melimpahnya kasih TUHAN dan keselamatan yang diberikan TUHAN.  Dia menghapus kesedihan, kesusahan, dan kematian yang merajalela di atas bumi. Bagaikan orang tua yang penuh perhatian, Allah sendiri akan menghapuskan air mata dari mata anak-anak-Nya, dan tidak akan ada lagi alasan untuk menangis atau susah.
Semua umat yang  sungguh beriman kepada-Nya bersukacita mendengar nyanyian penghiburan ini dan terus  menantikan penggenapan perjamuan yang menyukakan ini.

Refleksi
Percayakah Saudara  bahwa  karya baik dan keselamatan dari ALLAH juga untuk kita semua. Di tengah segala kesulitan dan penderitaan hidup di dunia ini, apakah Saudara selalu berpengharapan akan pesta perjamuan bersama TUHAN?

Tekadku
TUHAN, tolonglah aku agar mampu mempercayakan hidup dan kehidupan ini padaMu. Mampukan aku untuk percaya dan terus berpengharapan akan karya kasih dan keselamatan yang TUHAN anugerahkan.

Tindakanku
Aku akan selalu memuji dan memuliakan TUHAN dalam segala kondisi kehidupan sebab TUHAN-lah sumber keselamatan dan sukacitaku. Aku mau mempersiapkan diri menyambut undangan perjamuan TUHAN dengan  mempersembahkan hidup yang memuliakan nama-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«