suplemenGKI.com

MAZMUR 67:1-6

KASIH ALLAH MELAMPAUI SEGALA BATAS

 

Pengantar
Kasih adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sebagai umat Tuhan. Kasih adalah dasar hubungan kita bersama dengan Tuhan. Karena kasih Tuhan, kita dimampukan untuk melakukan tanggung jawab kita sebagai umat Tuhan. Meski kita adalah umat yang penuh dengan segala pelanggaran, tidak menyurutkan kasih Tuhan kepada kita. Inilah yang diperlihatkan dalam ungkapan pemazmur dalam bacaan kita. Dalam segala keterbatasan manusia sebagai umat Tuhan, ada kasih Allah yang tak terbatas menopang dan menuntun hidup manusia.

Pemahaman

Ayat 1-3    Apa doa dan harapan pemazmur dalam nyanyiannya?

Ayat 4-6   Mengapa pemazmur mengajak semua pihak untuk bersyukur

Dalam nyanyiannya, pemazmur menaikkan doa dan harap kepada Allah agar tetap berbelas kasih dan memberkati kehidupannya. Pemazmur menyadari bahwa tanpa Allah, dia tidak mungkin menikmati banyak hal dalam hidupnya. Pemazmur juga berkomitmen untuk menceritakan segala karya Allah yang penuh kasih agar Allah dan karya-Nya semakin dikenal banyak orang (ayat 2)

Pemazmur mengajak semua pihak untuk bersyukur kepada Allah karena kasih-Nya yang tidak terbatas. Kasih Allah nyata melalui pemeliharaan-Nya. Kasih Allah juga tampak dalam semua karya-Nya.

Umat dimasa kini perlu merefleksikan karya Allah dalam kehidupannya. Agar umat dapat menyelami berbagai perbuatan Allah di masa lampau dan masa kini. Umat perlu belajar untuk mengucap syukur kepada Allah atas perbuatan-perbuatan-Nya.

Refleksi
Apakah kita menyadari bahwa kasih Allah yang tak berbatas telah menopang kehidupan kita hingga saat ini? Sudahkah kita ungkapkan rasa syukur kita kepada Tuhan? Sudahkah kita meneladani kasih Allah itu dalam kehidupan kita sehari-hari?

Tekadku
Tuhan, tolonglah agar saya menyadari betapa Tuhan mengasihi saya dan kuatkanlah saya untuk melakukan kasih yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Tekadku
Karena Allah telah mengasihi saya dengan segala keterbatasan saya, saya juga mau mengasihi sesama saya dengan ketulusan dan kerendahan hati. Sebagai ungkapan syukur saya, saya juga terpanggil untuk semakin setia melayani Tuhan dalam berbagai kegiatan gereja.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*