suplemenGKI.com

Bacaan Roma 1:1-7

DIPANGGIL DAN DIJADIKAN KUDUS

Jemaat di Roma terbentuk melalui orang-orang yang percaya yang ada di Yerusalem, dalam peristiwa turunnya Roh Kudus (Kis 2:10). Mereka semua tergerak untuk menyebarkan kabar kesukaan dan pergi keberbagai tempat sampai ke Roma, termasuk didalamnya adalah Priskila dan Akwila (Kis 18:2, Rom 16:3-5).

1.      Apa tujuan Paulus menulis surat kepada jemaat di Roma menurut bacaan tersebut?

2.      Bagaimana pandangan Paulus terhadap Tuhan Yesus Kristus?

3.      Apa sebut yang diberikan kepada pembacanya oleh Paulus?

4.      Apa arti bacaan diatas bagi anda sekalian?

Renungan

Peristiwa turunnya Roh Kudus atas para rasul dan atas banyak orang yang terjadi di Yerusalem (Kis 2), menandai awalnya gerakkan penyebaran Injil dari Yerusalem ke seluruh dunia, termasuk ke kota Roma. Paulus mengingatkan kepada jemaat di Roma bahwa Injil Allah ini telah lama dijanjikan oleh nabi-nabiNya dan yang sekarang juga dikerjakan oleh Paulus bersama-sama dengan rekan-rekannya.

Paulus juga menjelaskan pandangannya terhadap Tuhan Yesus Kristus. Yesus adalah anak Allah yang berkuasa, Mesias yang telah dijanjikan, Ia mati namun dibangkitkan dari antra orang mati. Namun perlu diingat bahwa Mesias juga dilahirkan sebagai manusia dari keturunan Daud, sebagaimana ada dalam nubuat dalam PL. Paulus ingin katakan bahwa Yesus benar-benar manusia sejati dan benar-benar Tuhan.

Bagi rasul Paulus percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai kasih karunia yang diberikan Tuhan kepadanya. Namun kasih karunia itu bukan hanya untuk dinikmati sendiri, sebaliknya harus dibagikan kepada semua bangsa, dengan tujuan mereka percaya dan taat kepada nama Yesus.

Paulus juga mengingatkan bahwa jemaat Roma, termasuk orang yang dipanggil dan menjadi miliki Kristus. Kristus bukan hanya memanggil namun Ia juga mau menguduskan orang pilihannya. Jadi proses pengudusan kita justru terjadi di dalam dunia ini. Kita dipanggil untuk menjadi kudus, karena dengan kekudusan ini kita senantiasa dipersiapkan untuk berjumpa dengan Kristus terus menerus, sehingga kita semakin mudah untuk menjadi berkat bagi mereka yang belum terhisap dalam persekutuan dengan Kristus Yesus.

Kesadaran bahwa kita sebagai orang pilihan Allah dan senantiasa dikuduskan oleh Allah akan menjadikan kita sebagai alat yang siap dipakai TuanNya untuk memberitakan Injil dengan baik.

Sudahkah kita menyadari sebagai orang-orang pilihan Allah? Sudahkah kita menguduskan diri kita dihadapan Allah? Sudahkah kita siap untuk dipakai oleh Allah kita.

Mari kita jadikan hidup ini menjadi hidup yang siap dipakai oleh Tuhan Yesus Kristus.

Hak yang istimewa diberikan kepada orang yang percaya yaitu menjadi anak-anak Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*