suplemenGKI.com

Rabu, 15 April 2020

14/04/2020

Yosua 3:1-17

 

“Taat Pada Tuntunan Tuhan”

Pengantar:
“Taat” adalah kata yang sederhana, namun ketika dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan dampak kebaikan yang luar biasa, sebaliknya ketika diabaikan maka akan menimbulkan dampak buruk yang luar biasa. Salah satu faktor penyebab begitu cepat dan meluasnya penyebaran virus covid-19 adalah karena banyak orang yang tidak taat melakukan Social distancing, physical distancing maupun stay at home. Terlepas apakah itu hanya suatu opini atau fakta namun realita berbicara, apabila seseorang mengabaikan ketaatan, tidak jarang ia akan mengalami dampak yang kurang baik dalam hidupnya. Hidup ini adalah sebuah perjalanan dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan kita. Tetapi Allah Sang pemilik kehidupan telah merancang rencana baik bagi setiap umat-Nya, seperti yang disaksikan oleh Yeremia 29:11, bahwa Allah merancangkan segala yang baik bagi umat-Nya, namun rancangan baik Allah itu menuntut respon “taat” dari setiap kita sebagai umat-Nya agar rancangan baik Allah itu dapat terwujud. Bacaan hari ini menunjukan bagaimana umat Israel taat pada tuntunan Tuhan.

Pemahaman:

  1. Pelajaran apa yang dapat kita peroleh melalui pernyataan-pernyataan mulai dari ayat 1-12?
  2. Apa yang akan terjadi ketika umat sungguh-sungguh hidup dalam ketaatan pada Allah? (v. 13-17)

Yosua adalah orang yang dipilih oleh Allah untuk menggantikan Musa memimpin umat Israel memasuki tanah yang dijanjikan Allah kepada nenek moyang mereka (Ul 31:1-8). Sebagai pengganti Musa, sosok yang sangat hebat, bukanlah hal yang mudah bagi Yosua. Namun Tuhan memperlengkapi Yosua dengan hikmat, wibawa dan ketegasan untuk memimpin umat-Nya melanjutkan perjalanan menuju tanah perjanjian (Yos 1:1-9). Jika kita memperhatikan bacaan Yosua 3:1-12 dengan teliti, hal-hal yang menarik adalah, 1) Yosua sebagai pemimpin memberikan instruksi yang jelas kepada umat Israel dan umat Israel melakukan seperti yang diperintahkan oleh Yosua kepada mereka. 2) Umat Israel dengan sabar menantikan waktu yang tepat untuk bertindak sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Yosua kepada mereka. 3) Yosua dan umat Israel khususnya para pengangkat tabut Tuhan, dengan setia menjaga hidup kudus di hadapan Tuhan. Apa yang ditunjukan oleh Yosua dan umat Israel adalah karena Allah hadir memimpin, menuntun mereka melalui simbol tabut perjanjian dan umat Israel merseponi pimpinan dan tuntunan Allah itu dengan taat. Pada ayat 13-17 Allah menunjukan kuasa dan keajaiban-Nya kepada umat Israel yang mau dipimpin dan dituntun oleh-Nya. Yosua dan Umat Israel dapat menyeberangi sungai Yordan karena pimpinan Tuhan. Apa yang bisa kita pelajari melalui firman Tuhan ini, yaitu kuasa Tuhan, pertolongan Tuhan dan pimpinan Tuhan menjadi nyata ketika umat Tuhan taat hidup dalam pimpinan, tuntunan dan rancangan-Nya.

Refleksi:
Mari kita merenung sejenak. Mengapa seringkali kita sulit mengalami pimpinan Tuhan dalam hidup kita? Mungkin karena kita belum sungguh-sungguh taat kepada-Nya.

Tekadku:
Tuhan, ampuni saya jika selama ini belum hidup taat kepada pimpinan dan rancangan-Mu.

Tindakamku:
Mulai hari ini saya mau belajar mentaati setiap pimpinan dan tuntunan Tuhan melalui firman-Nya di dalam menjalani kehidupan sehari-hari, agar rancangan-Nya menjadi nyata dalam hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«