suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 34 : 12 – 15

Tema :  Rahasia supaya menikmati Kebaikan Tuhan

PENGANTAR
Tuhan memiliki rancangan yang baik bagi kehidupan umat-Nya. Seperti nast yang mengatakan, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu,demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” ( Yeremia 29 : 11 ). Jadi, semua yang baik itu datangnya dari Tuhan. Namun sebaliknya, si jahat ( iblis ) memiliki rancangan yang jahat dan buruk bagi kehidupan manusia. Sudah barang tentu kita tidak ingin mengalami hal-hal yang buruk terjadi dalam kehidupan kita tetapi, kita merindukan hal-hal yang baik dapat terjadi. Bagaimana kita bisa mengalami kebaikan Tuhan ?

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana pemazmur mengalami kebaikan Tuhan ditengah-tengah persoalan yang terjadi ? ( ayat 12-13 )
  2. Apa rahasia untuk mengalami kebaikan Tuhan ? ( 14-15 )

Dalam perjalanan hidupnya, pemazmur mengalami banyak masalah dan penderitaan bahkan sampai harus berpura-pura gila karena beratnya tekanan hidup. Semua itu dijalani pemazmur dengan pertolongan dari Tuhan. Pemazmur mengalami kebaikan Tuhan secara luar biasa melalui persekutuan yang intim dengan Tuhan. Itu sebabnya pemazmur ingin membagikan rahasia bagaimana supaya kita bisa mengalami kebaikan Tuhan.

Pertama : “Jagalah lidahmu terhadap yang jahat……” ( 14 ).  Pemazmur mengajak kita agar berhati-hati dengan apa yang kita katakan. Betapa susahnya menjaga perkataan, agar yang kita katakan itu selalu positif dan menjadi berkat.

Kedua : Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik ( 15a ). Itu berarti bahwa umat percaya harus hidup sesuai dengan Firman Allah. Selama kita hidup dalam ketidaktaatan kita tidak akan pernah mengalami kebaikan Tuhan. Jadi jika selama ini kita hidup menyimpang dari jalan Tuhan maka segeralah bertobat.

Ketiga : “Carilah perdamaian ( 15b ). Hal yang sulit dibuang dari dalam hati orang percaya adalah kepahitan, dendam dan sakit hati. Sedikit saja kita disakiti maka yang muncul adalah dendam. Namun sebagai umat percaya kita diajar untuk mengampuni.( Mat 6 :15 ).

Dengan demikian kita dapat mengalami dan menikmati semua kebaikan Tuhan.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : bagaimana upaya anda untuk dapat mengecap kebaikan Tuhan ? apa yang menjadi rahasia anda untuk mengalami kebaikan Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah saya supaya saya dapat menjaga perkataan, menjauhi yang jahat dan mencari damai.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan berjuang untuk menjaga perkataan, menjauhi yang jahat serta mencari kedamaian.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«