suplemenGKI.com

Mazmur 145 : 1 – 8.

“Memuliakan Tuhan atas kemurahan Nya”

Dalam mazmur 145 terdapat seluruh pengakuan iman Israel tentang Tuhan Allah yang Agung yang patut dipuji dan dimuliakan. Memang semuanya dikatakan secara umum namun hal itu dapat mengingatkan kita akan karya-karya keselamatan yang dikerjakan oleh Tuhan baik bagi Israel maupun bagi orang-orang beriman secara perorangan.

  1. Apa yang menjadi kerinduan pemazmur dalam kehidupannya ? ayat 1-2.
  2. Mengapa pemazmur memuji Tuhan ? ayat 3, 8.
  3. Bagaimana pemazmur menanamkan kepada orang-orang percaya dan generasi berikutnya untuk memuji Tuhan ? ayat 4-7.
  4. Bagaimana kita dapat belajar dari pengalaman pemazmur untuk selalu memuji Tuhan ?

RENUNGAN.

Mazmur ini dibuka dengan sebuah kerinduan hati pemazmur untuk memuliakan Tuhan. Kalimat, “aku hendak” mengagungkan Engkau, memuji namaMu, memuji Engkau, memuliakan namaMu, merupakan kerinduan pemzmur untuk selalu memuliakan Tuhan, setiap hari sepanjang hidupnya. Perhatikan kalimat, “setiap hari”, selama-lamanya. Namun mengapa pemazmur selalu rindu untuk memuliakan nama Tuhan ? apa alasannya ?

Alasan pertama : Tuhan itu Agung/Besar. Tuhan itu Agung dan Besar, dan kebesaranNya tak terselami. Tak seorangpun dapat memahami misteri Allah [ kebesaranNya ]. Tidak ada kata yang tepat untuk mengungkapkan kebesaran Tuhan selain dari pernyataan untuk memuji Tuhan, setiap hari dalam hidup ini sampai selama-lamanya. ( perhatikan kalimat, “setiap hari”, selama-lamanya”.)

Alasan kedua : Bahwa Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setianya. Sudah barang tentu ada alasan yang kuat dari pemazmur untuk berkata seperti itu. perjalanan hidup pemazmur barangkali telah mengajarinya menjadi pengalaman yang manis dan indah, dimana pemazmur dapat merasakan kasih sayang Tuhan, kasih setiaNya dan kesabaranNya. Bagi pemazmur pengalaman hidup bersama Tuhan menjadikan hidupnya tidak pernah lepas dari Tuhan.

Hidup dalam perjumpaan dengan Tuhan memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi pemazmur. Untuk itulah maka pemazmur menyerukan kepada semua orang dari generasi-ke generasi, termasuk kita orang-orang Kristen, diajak untuk memuliakan nama Tuhan. Kiranya generasi yang satu menyampaikan kepada generasi berikutnya untuk terus memuji Tuhan. Memuji Tuhan berarti memberitakan, membicarakan, menyanyikan, memakumkan, dan memasyurkan nama Tuhan yang mulia, agung, semarak, ajaib, dahsyat, baik dan adil. Untuk itulah kita sebagai orang-orang Kristen kita harus memuji Tuhan baik dalam ibadah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kita pasti bisa melakukannya, tinggal komitmen kita. Kita mau atau tidak ? amin. 

“Pujilah Tuhan selagi kita hidup”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*