suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur104 :1-9, 24-25.

 Thema : TUHAN ITU MAHA BESAR.

PENGANTAR.
Pernahkah saudara pergi ke puncak gunung dan menyaksikan pemandangan alam disekitar puncak gunung tersebut ? pasti saudara mengagumi keindahan pemandangan alam disekitar puncak gunung tersebut. Namun dibalik keindahan pemandangan tersebut, pernahkah saudara bertanya siapa yang membuat/menciptakan alam yang begitu indah, luas dan besar tersebut ? sadarkah saudara bahwa pemandangan alam yang sangat indah serta alam raya yang begitu besar dan luas adalah diciptakan oleh Tuhan.

PEMAHAMAN.

  1. Bagaimana pemazmur menceritakan kebesaran Tuhan ? ( ayat 2-9 )
  2. Bagaimana sikap saudara ketika diperhadapkan dengan kebesaran Tuhan ? ( 1 )

Mazmur ini diawali dengan sebuah ajakan, pujilah Tuhan, hai jiwaku ! ajakan ini lahir dari kekaguman pemazmur terhadap kebesaran Tuhan. Kebesaran, kebijaksanaan dan kebaikan  Tuhan dalam karya ciptaanNya yang begitu luar biasa sehingga melahirkan kekaguman dan pujian terhadap Allah. Dengan mengenal Tuhan sebagai pencipta alam semesta yang sangat luas dan besar itulah kita dapat mengenal Tuhan yang Maha Besar. Tuhan yang Maha besar bukan semata menciptakan tetapi juga memelihara semua ciptaanNya. Semua ciptaan dipelihara dan dilindungi oleh Tuhan yang Maha besar.

Respon pemazmur ketika melihat  kebesaran Tuhan maka pemazmur memuji Tuhan. Sebuah sikap yang layak untuk dicontoh, untuk merespon kebesaran Tuhan dengan memuji kebesaranNya. Yang juga membuat kita semakin tunduk dan sujud kepada Tuhan. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI.
Bayangkanlah saudara berada ditepian pantai. Didepan saudara terbentang lautan luas tak berujung. Pandanglah ke depan, keatas. Lihatlah diri saudara ? bandingkanlah diri saudara dengan alam yang luas dan besar ! apa pendapat saudara tentang alam ? tentang diri saudara ? dan tentang Tuhan Sang pencipta alam semesta ? pasti saudara akan mengatakan bahwa Tuhan adalah Maha besar ! lalu bagaimana respon saudara ?

TEKADKU.
Ya Tuhan, kami percaya bahwa Engkau adalah Allah yang Maha besar.

TINDAKANKU.
Setiap pagi aku akan memuji Kebesaran Tuhan ! Aku memuji kebesaranMu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*