suplemenGKI.com

MAZMUR 80:1-7

HIDUP TAAT DAN SETIA

 

Pengantar
Mazmur 80 merupakan nyanyian ratapan umat Allah yang mengenang kembali masa-masa sukar dan penuh penderitaan  di negeri pembuangan. Asaf mengajak umat Allah untuk mengenang kembali peristiwa itu sebagai bentuk pembelajaran. Nyanyian ini sebenarnya hendak menggambarkan perasaan umat Allah ketika mereka berada di Babel. Penyesalan dan harapan mewarnai keseluruhan Mazmur 80.

Pemahaman
Ayat 1-4    Apakah pengharapan terbesar umat Allah yang berada di pembuangan?

Ayat 5-7   Bagaimanakah kondisi umat Allah di pembuangan?

Hidup di negeri bangsa asing bukanlah hal yang menyenangkan bagi umat Allah di pembuangan. Tidak ada kebebasan hidup bagi mereka. Kenangan akan kampung halaman dan bangunan peribadahan yang telah hancur menambah kepedihan. Dalam situasi dan keadaan yang menyesakkan itu, umat menaikkan pengharapan kepada Allah yang telah menjadi Gembala atas kehidupan umat untuk menyelamatkan dan memulihkan keadaan mereka (ayat 1-4).

Setiap hari umat Allah harus menanggung kepedihan hati menyaksikan nama Allah dihujat oleh bangsa lain yang tidak mengenal Allah. Umat terus bertanya-tanya hingga kapankah seluruh penderitaan mereka akan berakhir (ayat 5-7).

Penyesalan memang selalu terjadi dibelakang. Itulah yang terjadi pada bangsa Israel dan Yehuda. Hukuman Allah yang menimpa mereka tentu terjadi bukannya tanpa alasan. Ketidaktaatan dan ketidaksetiaan mereka kepada Allah menjadi alasan mengapa hukuman Allah menimpa kehidupan mereka. Para nabi menegur dan mengingatkan, namun tidak ada satupun yang mendengar dan memperhatikan.

Belajar dari kehidupan umat Allah di masa lalu, saat ini umat Allah dituntut untuk selalu hidup taat dan setia kepada Allah. Meski diperhadapkan pada banyak tantangan dan cobaan, Allah menghendaki umat-Nya untuk tetap taat dan setia.

Refleksi
Sudahkah aku hidup taat dan setia dihadapan Allah? Atau masihkah aku hidup menuruti keinginan daging dan hawa nafsu?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami menjadi domba-domba yang taat dan setia. Jangan biarkan kami tersesat dan jatuh dalam pencobaan.

Tindakanku
Tekun dalam doa dan belajar firman Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*