suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 103 : 1 – 5

Thema :  JANGAN LUPAKAN KEBAIKAN TUHAN

PENGANTAR
Pernahkah saudara mendapat perlakuan baik dari seseorang dan hal tersebut sangat berkesan bagi saudara. Misalnya saudara ditolong mendapatkan pekerjaan, atau saudara ditolong ketika dalam kesesakan, atau saudara ditolong ketika dalam keadaan terpuruk, ditolong waktu kecelakaan, ditolong pada waktu sakit dan lain sebagainya. Sudah barang tentu pertolongan kebaikan orang lain tersebut sangat berkesan dan tidak akan terlupakan selamanya. Bahkan terkadang kita berupaya untuk membalas kebaikan tersebut. Namun bagaimana dengan kebaikan yang dilakukan Tuhan terhadap saudara ?

PEMAHAMAN

  1. Mengapa pemazmur mengajak memuji Tuhan ? siapakah yang diajak ? ( ayt 1-2)
  2. Bagaimana pemazmur mengenang kebaikan Tuhan ? apa saja Kebaikan Tuhan yang dirasakan pemazmur ? ( ayat 2b – 5 )
  3. Bagaimana saudara mengenang kebaikan Tuhan ?

Pemazmur mengajak para pembaca ( kita ) untuk memuji Tuhan. Sudah barang tentu ketika pemazmur mengajak kita memuji Tuhan memiliki alasan yang tepat. Lalu apa alasan pemazmur ? pemazmur mengajak kita memuji Tuhan karena Tuhan itu telah melakukan banyak kebaikan kepada pemazmur. “Janganlah lupakan segala kebaikan-Nya”. (ayat 2b). lalu apa saja kebaikan Tuhan kepada pemazmur ?

  1. Mengampuni segala kesalahan.
    Sadar atau tidak bahwa setiap orang sering melakukan kesalahan/dosa dihadapan Tuhan. Kesalahan/dosa itu bisa berupa pelanggaran terhadap perintah Tuhan maupun sikap hati dan pikiran yang menentang Tuhan. Kesalahan/dosa akan membawa manusia kepada maut (Roma 6:23) sehingga tidak seorangpun yang dapat luput dari maut. Itu sebabnya manusia membutuhkan anugerah pengampunan dari Allah. Dan pengampunan itu merupakan berkat terbesar bagi pemazmur.
  2. Menyembuhkan segala penyakit.
    Pemazmur mungkin menderita sakit keras dan kesembuhan yang diperolehnya adalah berasal dari Tuhan atau bukti kasih setia Tuhan.
  3. Yang menebus hidup dari lobang kubur.
    Upah dosa adalah maut dan tidak seorangpun yang dapat keluar dari maut (gambaran lobang kubur) dengan upayanya sendiri. Hanya Tuhan Allah yang sanggup menebus manusia dari maut. Itulah keselamatan dari Allah.
  4. Memahkotai dengan kasih setia dan rahmat.
    Mahkota adalah tanda kemuliaan yang diterima. Pemazmur telah merasakan bagaimana dirinya diangkat oleh Tuhan dan dimuliakan.
  5. Memuaskan hasrat dengan kebaikan.
    Hasrat merupakan cita-cita atau keinginan. Dalam bagian ini Tuhan memuaskan hari-hari yang dijalani pemazmur dengan kebaikan, yaitu anugerah-anugerah yang membawa kebahagiaan, keberhasilan dan kesejahteraan.

Sudah barang tentu kebaikan-kebaikan Tuhan yang dirasakan pemazmur juga turut kita rasakan di jaman sekarang ini. Sehingga hal itu juga mengajak kita untuk mensyukuri kebaikan-kebaikan Tuhan dengan memuji nama-Nya.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan ! apakah saudara juga merasakan kebaikan-kebaikan Tuhan ? kebaikan apa saja yang saudara rasakan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah saya karena saya kurang menghargai segala kebaikan-Mu.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus terus mengingat setiap kebaikan Tuhan, dengan memuji Nama-Nya setiap saat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*