suplemenGKI.com

2 Tesalonika 3 : 6 – 13

PEMENUHAN KEWAJIBAN HIDUP DALAM PENANTIAN HARI TUHAN

 

 

Pengantar
Jika ada tawaran untuk hidup lebih mudah dan bebas, maka ada banyak orang yang memilih bentuk kehidupan semacam itu. Jika hidup harus disertai dengan berbagai kewajiban dan tanggungjawab maka tidak semua orang memahaminya sebagai teladan hidup yang membahagiakan, apalagi dikerjakan dengan berjerih payah. Kehidupan jemaat di Tesalonika yang nampaknya diwarnai oleh pemahaman yang salah tentang sikap hidup dalam penantian akan hari kedatangan TUHAN YESUS kembali ke bumi dapat menjadi bahan perenungan bagi pilihan kehidupan kita. Maka mari kita perhatikan apa yang dinyatakan dalam 2 Tesalonika 3 : 6 – 13

Pemahaman
Ayat 6 – 10    : Bagaimana teladan kehidupan Paulus dan kawan sepelayanannya ?
Ayat 11 – 13  : Apa yang diharapkan Paulus dari kehidupan jemaat TUHAN ?

Paulus dan kawan sepelayanannya memberi teladan dengan hidup menjalankan kewajiban dan tanggungjawab secara benar bukan berpusat pada hak-hak yang bisa diperoleh.  Mereka bekerja dan tetap melaksanakan pemberitaan firman TUHAN dan karya kesaksian yang mempermuliakan nama TUHAN. Bahkan melakukan pekerjaan mereka dengan berusaha dan berjerih lelah siang dan malam.

Paulus mengharapkan agar jemaat TUHAN meneladani kehidupan mereka, yaitu untuk melakukan pekerjaan yang bermakna bagi pemenuhan kehidupan serta mengikuti segala ajaran yang benar, jadi tidak sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna dan juga tidak hidup dalam ketidaktertiban. Hal ini dikaitkan dengan ajaran yang salah tentang hari kedatangan kembali TUHAN YESUS Kristus ke dunia, yang kemudian disambut dengan hidup menanti tanpa memikirkan kewajiban dan tanggungjawab yang harus dipenuhi.

Refleksi
Marilah kita merenungkan, apakah selama ini saya telah memenuhi kewajiban dan tanggungjawab kehidupan secara benar? Apakah semua kewajiban dan tanggungjawab itu saya lakukan dengan pemahaman ajaran yang benar terkait hidup menanti hari kedatangan TUHAN?

Tekad
Ya TUHAN, mampukanlah saya untuk dapat memenuhi kewajiban dan tanggungjawab kehidupan secara benar dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak berguna.

Tindakan
Mulai hari ini, saya akan lebih tertib dalam menata kehidupan sehari-hari dalam rangka memenuhi kewajiban dan tanggungjawab kehidupan secara benar.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«